Pemanfaatan Pertunjukan Drama “Ulang Durhaka” Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Pendidikan Karakter Siswa SMA Harapan Medan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9377Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan pertunjukan drama “Ulang Durhaka” sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan efikasi diri dan pendidikan karakter siswa kelas XII IPS 1 SMA Harapan Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini melibatkan 30 orang siswa kelas XII IPS sebagai populasi. Pada metode penelitian ini, peneliti menggunakan 2 siklus dengan rentang waktu penelitian selama 3 bulan. Metode pengumpulan data yaitu Observasi, Angket dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini mengindikasi adanya manfaat pertunjukan drama “Ulang Durhaka” sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan efikasi diri dan pendidikan karakter siswa kelas XII IPS SMA Harapan setelah membaca naskah drama dan menonton pertunjukan drama “Ulang Durhaka”. Sebelumnya siswa kelas XII IPS SMA Harapan menyatakan bahwa pertunjukan drama tidak sering dilakukan di kelas, sehingga mereka kurang memahami manfaat dari pertunjukan drama. Lewat data yang dikumpulkan maka terlihat sebagian besar responden berhasil memanfaatkan pertunjukan drama sebagai bahan ajar untuk meningkatkan efikasi diri dan pendidikan karakter siswa. Oleh karena itu, temuan dari penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan bahwa sebuah pertunjukan drama yang digunakan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan efikasi diri dan pendidikan karakter siswa.
Keywords:
siswa, pertunjukan drama, media pembelajaran, efikasi diri dan pendidikan karakterDownloads
References
Arikunto,S. (2007). Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Edisi Rev Cet.7. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwisol. 2010. Psikologi Kepribadian. UMM Press: Jakarta.
Bandura, A. 1997. Self Eficacy: the exercise of control. New York: W.H. Freemen.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dewantara, Ki Hajar. 1962. Karya Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Taman Siswa.
Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017
Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggungjawab/penerjemah, Juma Abdu Wamaungo; editor, Uyu Wahyudin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi, Seto. Dkk,. (2016). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Murniviyanti, Liza, Arita Mrini, dan Maratun Nafiah. 2022. Implementasi Kebijakan Pendidikan Melalui Pembelajaran Drama di Sekolah Dasar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan. Vol. 20 No. 2.
Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidin, UI-Press. Sage Publicion.
Nugroho, Tegar Wahyu. 2023. Implementasi Pembelajaran Drama Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Disampaikan dalam, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran ke-6. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Nurgiyantoro, Burhan.2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada Universitas Press.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendididkan Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Padmodarmaya, Pramana. 1990. Pendidikan Seni Teater. Jakarta: Departemen Pendikan dan Kebudayaan.
Rachmawati, Zulvana. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Cici Meni untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Skipsi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Sumaryadi. 1987. ‘Seni dan Ilmu: Sebuah Sorotan Kecil’ dalam Cakrawala Pendidikan No. 1, Vol. VI, Th. 1987. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Sutoto, Soediro. 2012. Analisis Drama dan Teater Jilid 1. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Sutoto, Soediro. 2012. Analisis Drama dan Teater Jilid 2. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa.
Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2008). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rin Prabuwati, Kristiwan Indriyanto, Sartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work