Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pangeran Antasari
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9202Abstract
Penelitian iniĀ bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa bidang sintaksis yang terdapat pada teks deskripsi siswa Kelas VII SMP Pangeran Antasari. Data penelitian ini berupa kalimat dan paragraf pada teks deskripsi siswa sebanyak 27 karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes, yakni siswa diminta untuk menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada bidang sintaksis yang terdapat dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari terdiri dari 5 bentuk kesalahan yaitu kesalahan karena penggunaan diksi yang tidak tepat, kesalahan karena kalimatnya yang tidak bersubjek, kesalahan karena kalimatnya tidak logis, kesalahan karena kalimat yang pleonistis/ berlebih-lebihan, dan kesalhan karena penggunaan kata tanya yang tidak tepat.
Keywords:
Kesalahan Berbasaha, Teks DeskripsiDownloads
References
Abbas, Saleh. (2006) Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Diertorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Arifin, E. Zaenal dan Hadi, Farid. (2009). Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: AKA Press.
Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Gianty, dkk, (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. WACANA: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. April 2019, Volume 3, Nomor 1.
Jumadi, J., Nurcaya, N., Samad, A. G., & Muhlis, M. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Deskripsi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1563-1577.
Junus, Andi Muhammad.(2010). Analisis Kesalahan Berbahasa. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Kosasih. (2006). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama Widya.
Kurniasari, A.N. (2014). Sarikata Bahasa dan Sastra Indonesia Superkonplet. Yogyakarta: Data Publishing.
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Manaf. (2009). Sintaksis Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setyawati, Nanik, (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, Yunus Muhamad. (2002). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suryana, A., dan Basyaruddin, M. P. (2017). Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Basastra, 6(3), 217448.
Suwandi, I Nengah. (2008). Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendry Baginta, Teguh Trianton, Christin Agustina Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work