Pengembangan Media Lagu Mabar Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8449Abstract
Mengajar matematika tidak hanya dengan rumus tetapi juga bisa menggunakan lagu. Media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai media proses pembelajaran di sekolah, khususnya kelas 1 SD dalam materi mengenal bangun ruang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dari Sukmadinata tiga tahap, yaitu Studi Pendahuluan, Pengembangan Model, dan Uji Model. Kemudian dipadukan dengan model pengembangan ADDIE (Anylisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Media yang dikembangkan berupa lagu anak-anak berjudul "MABAR". Media ini digunakan dalam materi pengantar untuk mengajar kelas 1 di SD Negeri 2 Ujungwatu. Lagu MABAR dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan presentase 97% dan 93% dengan kriteria sangat valid dan lagu MABAR dalam aspek pemecahan masalah telah dinilai oleh ahli materi dan media dengan rata-rata 97,5% dengan kriteria sangat valid. Lagu MABAR juga dinyatakan praktis oleh guru dan siswa yang memiliki rata-rata presentase 100% dengan kriteria sangat valid. Dengan menggunakan uji independent sample t-test memperoleh keefektifan dengan hasil signifikan 0,031 sehingga lagu MABAR efektif untuk digunakan.
Keywords:
Media Pembelajaran, Lagu Anak, Problem Solving, MABARDownloads
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Bella, A. S., Respati, R., & Karlimah, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Anak terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 632–641. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39232
Billstein,R; S,Libeskind; J, L. (2014). A Problem Solving Approach to Mathematics For Elementary School Teachers (11th ed.).
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.
Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 24–32.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo., Anung Haryono., H. (2018). MEDIA PENDIDIKAN (14th ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Septiani, B. D., Okmarisa, H., Kimia, J. P., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Scaffolding, P., & Reaksi, L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA. 5(1), 12–23.
https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(1).12548
Sukmadinata, P. D. N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sukmadinata, P. D. N. S. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (12th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rasel Wulandari, Yohana Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work