Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Manajemen Mutu Pendidikan di SMAN 1 Larangan Kabupaten Brebes
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.601Abstract
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab. Tuntutan akan pendidikan bermutu semakin hari semakin kuat. Fenomena ini muncul dengan kondisi kebutuhan masyarakat yang berkembang demikian cepat. Tingginya tuntutan tersebut telah direspon oleh sebagian pimpinan lembaga pendidikan dengan sikap yang rasional dan lebih berorientasi pada kebutuhan masyarakat secara luas. Mutu pendidikan adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh jasa pelayanan pendidikan secara internal, maupun eksternal yang menunjukkan kemampuannya, memuaskan kebutuhan yang diharapkan, atau yang tersirat mencakup input, proses dan output pendidikan. Penelitian ini berisi penelitian lapangan tentang studi kasus peran kepala sekolah dalam meningkatan manajemen mutu pendidikan di SMA N 1 Larangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) bagaimana peran kepala sekolah dalam mengelola manajemen mutu di SMAN 1 Larangan Kabupaten Brebes; (b) bagaimana karakteristik kepala Sekolah dalam menjalankan manajemen mutu di SMAN 1 Laranagan Kabupaten Brebes; (c) bagaimana peran Kepala Sekolah dalam mewujudkan manajemen Mutu di SMAN 1 Larangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sebagai seorang pengelola, kepala sekolah SMAN 1 Larangan memiliki empat strategi utama dalam mengelola sekolah, yaitu membuat perencanaan, mengorganisasi sumberdaya, melaksanakan kegiatan, dan melakukan pengendalian dan evaluasi. Karakteristik Kepemimpinan Kepala sekolah yang diterapkan oleh Drs Mohammad Royani M.Pd adalah menggunakan prinsip Nabi Muhammad Saw: ”Uswatun Khasanah” (keteladanan dalam berkata, berbuat dan berperilaku)
Keywords:
Manajemen Mutu, Pendidikan, TQMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work