Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik

Authors

  • Eni Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Novia Ayu Wardhani Universitas Negeri Semarang
  • Siti Muslikhatul Ummah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proyek profil pelajar Pancasila terhadap karakter bernalar kritis pada peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Instrumen sebanyak 12 pernyataan dan disebarkan melalui google form kepada peserta didik. Instrumen yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitas (0,833). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proyek profil Pelajar Pancasila memberikan pengaruh terhadap karakter bernalar kritis dengan hasil r hitung sebesar 0,896 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh proyek profil pelajar Pancasila terhadap karakter bernalar kritis (hipotesis alternatif diterima). Berdasarkan uji koefisien determinasi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara proyek profil pelajar Pancasila terhadap karakter bernalar kritis sebesar 80,1%.

Keywords:

Proyek Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48-58.

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ISBN 978–979–692–047–1.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113.

Enis, Robert H. (1985). Goal for a critical Thinking Curriculum. Dalam A.L Costa ed. Developing Mind : A Resource Book for Teaching Thinking Alexandria : ASCD 43-45.

Friedrichsen, P. M. (2001). Moving from hands-on to inquiry-based: A biology course for prospective elementary teachers. The American Biology Teacher, 562-568.

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659-1669.

Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep respirasi. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 55-65.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559.

Kemendikbudristek. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 46–57.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative tasks to improve critical and creative thinking skills. Developing mathematical reasoning in grades K-12, 12.

Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi kritis tentang upaya menemukan Kurikulum Pendidikan islam yang ideal. Jurnal Raudhah, 4(1).

Ngurah, S. I. G., Made, A. N., & Luh, S. N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka. Geter: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 5(2), 25-38.

Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022, December). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Suara Demokrasi di SMK Setia Karya. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).

Pratomo, I. C., & Herlambang, Y. T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15.

Raharjo, R. (2020). Analisis perkembangan kurikulum PPKn: dari Rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63-82.

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46-57.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam kurikulum prototype. AS-SABIQUN, 4(1), 115-131.

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang sukuraga: Media pengembangan karakter menuju profil pelajar pancasila. Jurnal basicedu, 6(3), 3526-3535.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syaodih Sukmadinata, N. (1997). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Trihendardi, C. (2013). Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik.

Wilson, V. (2000). Can thinking skills be taught?. Scottish Council for Research in Education.

Downloads

Abstract Views : 4280
Downloads Count: 5729

Published

2023-05-13

How to Cite

Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.