Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3044Abstract
Hasil observasi di SDN Mekarjaya 01 terdapat penurunan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mencaritahu faktor penyebab dan alasan menurunnya hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mekarjaya 01. Subjek penelitian kelas IV tahun ajaran 2021/2022 dan populasi sebanyak 24 siswa dengan 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara orang tua, dan wawancara guru. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data dan penyajian data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan temuan yang didapat terdapat faktor tertinggi penyebab menurunnya hasil belajar IPA siswa yaitu, faktor dari siswa itu sendiri berupa kesulitan dalam pembelajaran IPA 58.33%, kesulitan konsentrasi saat di sekolah 45.83%, kesulitan memahami materi yang disampaikan guru 37.50%, dan sering menunda tugas 37.50%, faktor luar yang bersangkutan mendapatkan ejekan di sekolah 25.00%, dan orang tua mengerjakan tugas selama virtual 25.00%. Alasan menurunnya hasil belajar IPA siswa yaitu, malas pergi ke sekolah selama PTMT, tidak memiliki gaya belajar sendiri, dan mengerjakan tugas harus disuruh orang tua atau keluarga.
Keywords:
hasil belajar, pembelajaran ipa, penurunan hasil belajar, pasca pandemiDownloads
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155
Andirana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA Di SD Pada Masa Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 409–213.
Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117
Dewi, N. J. P., & Ramadhan, Z. H. (2022). Persepsi Guru Dan Orang Tua Siswa Kelas II Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid-19 SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 275–283.
Faudhil, U. (2021). Evaluasi PTM, Nilai Siswa Anjlok. Www.Joglojateng.Com. https://joglojateng.com/2021/12/21/evaluasi-ptm-nilai-siswa-anjlok/
Febrian, A. (2021). Guru Harus Mendampingi Para Siswa Beradaptasi Pada Pembelajaran Tatap Muka. Www.Nasional.Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/guru-harus-mendampingi-para-siswa-beradaptasi-pada-pembelajaran-tatap-muka
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, Khasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, A. A., Susanti, Hasyim, S. H., Nuraisyiah, Fuadi, A., Suranto, M., Fakhrurrazi, Arisah, N., Zaki, A., & Setyawan, C. E. (2021). Landasan Pendidikan (ke-1). Tahta Media Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=X5RCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pendidikan+merupakan&ots=7kTh3uNHIO&sig=DJOhudoC3OBAxzyNf_jmCz_7P-Y&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan merupakan&f=false
Iriansyah, H. S. (2020). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1(1), 1–6.
Ita, N., Anita, I., Hermawan, L., & Junaedi, D. (2020). Pemberdayaan Sekolah Merdeka Melalui Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan dalam Upaya Sekolah Bebas Covid-19. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), 183–190. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i2.1683
Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor-faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 150–154.
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1–11.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang, 445–452.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659–663.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.
Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada SMK Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275
Prasanda, A. (2022). Tips Mengatasi Dampak Kembali PTM Pada Mental Anak. Www.Klikdoter.Com. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3655433/tips-mengatasi-dampak-kembali-ptm-pada-mental-anak
Pusparini, G. A. ., Pamujo, P., & Wijayanti, O. . (2022). The Role of Parents in Guiding Children’s Learning Activities at Home. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.30
Putra, I. P. (2021). Cara Memulihkan Semangat Belajar Anak Saat PTM Terbatas. Www.Medcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/Wb74o8Wk-cara-memulihkan-semangat-belajar-anak-saat-ptm-terbatas
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Wahid, S. M. Al, Kusnadi, D., & Fantiro, F. A. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 170–178. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA (ke-1). PT Bumi Aksara.
Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syipa Rodiatul Zannah, Zulfadewina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work