Tingkat Pemahaman Terhadap Pola Asuh Orang Tua di Panyabungan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2525Abstract
Tingkat pemahaman masyarakat terkait dengan pola asuh orang tua di Indonesia masih tergolong rendah. Pola asuh yang dipilih memiliki karakteristik dan pengaruh yang berbeda-beda terhadap perkembangan anak. Pengamatan peneliti di lapangan menunjukkan masih banyak masyarakat yang memiliki pemahaman yang kurang tentang pola asuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman orang tua terhadap pola asuh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan data yang digunakan yaitu data primer. Sampel penelitian sebanyak 74 orang dan data dikumpulkan dengan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden. Analisis data penelitian ini menggunakan uji univariat. Hasil penelitian ini bahwa tingkat pemahaman orang tua di Panyabungan dikategorikan pada tingkat pemahaman cukup. Terdapat 38 persen orang tua pada tingkat pemahaman baik, 50 persen orang tua pada tingkat pemahaman dan 12 persen orang tua pada tingkat pemahaman kurang. Sosialisasi sebaiknya terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pola asuh orang tua dalam keluarga.
Keywords:
anak, pengetahuan, pola asuh, peran orang tuaDownloads
References
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.. doi: 10.52434/jp.v5i1.43.
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20-34.. doi: 10.18592/jsi.v7i1.2269.
Basuki, S. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Cahyono, T. (2018). Statistika Terapan & Indikator Kesehatan. Deepublish.
Djamarah, BS. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fajriati, K. M., Lestari, D. P. I. ., Rahayu, A. E. ., & Wardani, I. K. . (2022). Kedudukan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Sebagai Pengembangan Kinerja Menuntut Ilmu Peserta Didik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 118–125. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.137
Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1-6.
Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913-922. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.456.
Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 56-71. doi: 10.22373/taujih.v2i2.6528.
Huljannah, A. M., & Suryana, D. (2022). Perkembangan Emosional Anak di Taman Kanak-kanak Sani Ashilla Ditinjau Dari Orang Tua Yang Bekerja. Jurnal Family Education, 2(2), 192-196. doi: 10.24036/jfe.v2i2.57.
Imam, G. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badang Pnerbit Universitas Diponegoro.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224.
Ita, E., & Ngura, E. T. (2020). Workshop Parenting Tingkat Kecamatan Mauponggo. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(1), 47-53. doi: 10.38048/jailcb.v1i1.86.
Maftuchatunni'mah, A., & Nasir, M. (2022). Kesadaran Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Pola Asuh Untuk Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Adikarto Muntilan Magelang. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(1), 51-58.. doi: 10.52484/al_athfal.v5i1.292.
Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139-147. doi: 10.20961/kc.v9i3.50219.
Musslifah, A. R., Cahyani, R. R., Rifayani, H., & Hastuti, I. B. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak. JURNAL TALENTA, 10(2).
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659-3668..
Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Noya, A., Pattikawa, W. N., & Risakotta, F. (2022). Edukasi Smart Parenting Bagi Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Era Milenial. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 123-133..
Pusparini, G. A. ., Pamujo, P., & Wijayanti, O. . (2022). The Role of Parents in Guiding Children’s Learning Activities at Home. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.30
Sari, D. Y. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 78-92.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaengsih, C., Karlina, D. A., & Maulana, M. (2020). Penyuluhan Mengenai Pentingnya Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10-15. doi: 10.17509/jpdpm.v1i1.24004.
Trinanda, M. A., & Suryana, D. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.
Umroh, I. L. (2019). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini secara islami di era milenial 4.0. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208-225.
Usman, S., & Purnomo, S. A. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15. doi: 10.24198/focus.v4i1.22831.
Widyastuti, S., Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 70-76.
Zaelani, M., Fatayan, A., Ayu, S., Bachrudin, A. A., & Fauziah, M. P. (2022). Pemahaman Materi Parenting Dan Daur Ulang Sampah Di Masyarakat Kecamatan Ciracas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2497-2504. doi: 10.31764/jmm.v6i3.8654.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Munadilah Lubis, Dadan Suryana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work