Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1959Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini merupalan penelitian deskriptif dengan memakai pendekatan kualitatif. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 5 orang dan berada di Desa Pasirtalaga II. Instrumen yang digunakan terdiri dari test dan non test, instrumen tes yang diberikan terdiri dari dua buah soal kemampuan pemecahan masalah dan instrumen non test berupa angket. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa data skor kemampuan pemecahan masalah dan data skor angket motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini memiliki tiga tahapan, yaitu: 1) tahap perencanaan, pada tahap ini peneliti membuat sebuah instrument tes pemecahan masalah matematis dengan meliputi kisi-kisi, dan angket; 2) tahap pelaksanaan, pada tahap ini siswa diberikan sebuah angket motivasu belajar siswa, dilanjukan dengan diberikan test pemecahan masalah matematis; 3) tahap evaluasi, pada tahap ini peneliti mengolah data yang telah diperolah ketika penelitian itu, lalu peneliti menyusun hasil dalam bentuk laporan dan mengevaluasi soal tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ini ditinjau pada motivasi belajar siswa tergolong rendah.
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi BelajarDownloads
References
Ayu Yarmayani. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 6(2), 12–19.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Feni Maisyaroh Agsya, Maimunah, Y. R. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 123–128. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/9
Ni Komang Vonie Dwianjani, I Made Candiasa, S. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.276
Nisa, A. K., Viani, A. O., Rahmawati, F., Nurunnisa, N., & Lami, N. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Soal SPLDV ditinjau dari Motivasi Belajar. 4(3), 231–240.
Nisrina, N. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249
Nuraini, Maimunah, Y. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079
Risma Astutiania, Isnarto, I. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550
Riyadi, J. S. (2016). Pembelajaran Matematika Guided Note Taking Dan Pbl. Pasundan Journal of Mathematics Education(PJME), 2(November), 68–80.
Sembiring, M. B., & Rosliana Siregar. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem Based Learning. Sepren, 1(02), 46–56. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.194
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96.
Uno, H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Aksara.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Yanuar Hery Murtianto, Ahmad Suhendar, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Verbal Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasakan Tahapaan Krulik dan Rudnick Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work