Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesadaran Diri Peserta Didik SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta

Authors

  • Asha Pramitha Ananda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Asni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13902

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kesadaran diri peserta didik yang ditunjukkan melalui perilaku seperti keterlambatan, membolos, menyontek, kurang motivasi belajar, hingga kesulitan mengelola emosi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kesadaran diri peserta didik di SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode   pre-experimental   dan  one group pretest-posttest design. Populasi penelitian terdiri dari 244 siswa sedangkan sampel penelitian terdiri dari 10 siswa.Subjek penelitian adalah 10 peserta didik dan pengambilan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui angket kesadaran   diri   yang   diberikan   sebelum   (pre-test)   dan   setelah   (post-test) implementasi  layanan  bimbingan  kelompok.  Analisis  data  dilakukan menggunakan  statistik  inferensial  untuk  membandingkan  skor  kesadaran  diri antara kondisi pre-test dan post-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Data dikumpulkan menggunakan angket kesadaran diri yang diberikan sebelum (pre-test)  dan  sesudah  (post-test) melalui  intervensi bimbingan  kelompok.  Analisis  data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji beda Paired Samples T-Test. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pretest dan posttest kesadaran  diri  berdistribusi  normal,  dengan  nilai  signifikansi  masing-masing 0,097 dan 0,123 (p > 0,05). Selanjutnya, hasil uji Paired Samples T-Test menunjukkan nilai asymp. Sig. 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap kesadaran diri peserta didik SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta. Hasil ini mendukung hipotesis penelitian bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kesadaran diri siswa.

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Kesadaran Diri, Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara. Ada 323 Kasus Kenakalan Remaja di Jakarta Selatan Sepanjang 2022, Ini 10 Lokasi Rawan Tawuran. https://metro.tempo.co/read/1693136/ada-323-kasus-kenakalan-remajadi-jakarta-selatan-sepanjang-2022-ini-10-lokasi-rawan-tawuran

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.

Ahsan, M. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. 85.

Carden, J., Jones, R. J., & Passmore, J. (2021). Defining Self-Awareness in the Context of Adult Development: A Systematic Literature Review. Journal of Management Education, 46(1), 140–177. https://doi.org/10.1177/1052562921990065

Dewi, N. K. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Karakter Lokal Jawa Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.231

Eurich, T. (2017). Insight: Why We’re Not as Self-Aware as We Think, and How Seeing Ourselves Clearly Helps Us Succeed at Work and in Life. Crown. https://books.google.co.id/books?id=fpccvgAACAAJ

Fiah, R. El. (2015). Dasar-dasar bimbingan dan konseling.

Folastri, S., Rangka, I. B., & Rahmaniah, A. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Vol. 4, Issue 2).

Goleman, D. (2001). Emotional intelligence: Issues in paradigm building. Dalam C. Cherniss & D. Goleman (Ed.), The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations (hlm. 13–26). Jossey Bass.

Hambali, I. (2019). Analisis Kebutuhan Bimbingan Pribadi Sosial Berbasis Context, Experience, and Reality (CER) untuk Meningkatkan Karakter Kebajikan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 37. https://doi.org/10.17977/um001v4i12019p037

Hanifah Puteri, N., Dwi Febriansyah, A., Indah Natasya, P., & Hartanto, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Diri (Self-awareness) Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. 1907–1912.

Hartanti. dkk. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.

Hartinah, S. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok.

Iryani, I., & Suriatie, M. (2021). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa Kelas XI Di SMA Isen Mulang Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 31–36. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3469

Jeconiah, J., Oktavia, V., Wasuki, & Marunung, S. Y. (2021). Hubungan Religiusitas dengan Self-Awareness Siswa Sma Bodhicitta Buddhis School Medan. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(1), 1521–1529. http://e-journal.stie-kusumanegara.ac.id

Masdudi. (2015). BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif sekolah. Nurjati Press, 215.

Mislia, M., Pejuang, U., & Indonesia, R. (2019). Bimbingan Konseling dan Pedoman Sosial (Issue November 2019).

Morin, A. (2011). Morin 2011_Self-Awareness Part 1_Definition_Measures_ Effects,.pdf. 10, 807–823.

Muslima, Yuliana Nelisma, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1905–1914. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5337

Puspitasari, P. (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri Pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901

Rogers, C. R. (1961). On becoming a person: A therapist’s view of psychotherapy. Houghton Mifflin.

Setiawati, D., Wiyono, B. B., Hidayah, N., Atmoko, A., & Setiyowati, A. J. (2021). Group Guidance Based On Javanese Character with Merchant Morals to Improve Student Resilience. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(4), 78–81. https://doi.org/10.47750/pegegog.11.04.08

Sevara Akmalovna, U. (2022). Zien Journal of Social Sciences and Humanities ISSN NO: 2769-996X https://zienjournals.com Date of Publication Psychological Features of Self-Awareness in Early Adolescence. 6, 114–116. https://zienjournals.com

Siwi, I. H. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik SMA Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 100–111. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Counseling & Development, 1(1), 1–8.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 3

Published

2025-08-30

How to Cite

Ananda, A. P., & Asni, A. (2025). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesadaran Diri Peserta Didik SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13902

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.