Pengembangan Media Pembelajaran Mathematics Monopoly (Mathpoly) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15170Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji aspek kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan dari pengembangan media Mathpoly dalam upaya meningkatkan pemahaman matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE serta menerapkan desain quasi eksperimental dengan model nonequivalent pretest-posttest control group design. Pastisipan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari kelas VII-J sebagai kelas kontrol dan kelas VII-K sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Mathpoly sangat layak digunakan dengan persentase keseluruhan penilaian oleh ahli media dan ahli materi sebesar 87,4%. Mathpoly yang telah dikembangkan juga memperoleh kriteria “Sangat Praktis” dengan persentase sebesar 92%. Selain itu, Mathpoly juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Hal tersebut dapat terlihat dari siswa yang menggunakan media pembelajaran Mathpoly memperoleh rata-rata nilai dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar dan nilai signifikansi N-Gain sebesar 0.000 , serta didukung oleh respon positif siswa yang menggunakan Mathpoly sebesar 88,6%.
Kata Kunci:
media pembelajaran, mathpoly, kemampuan pemahaman matematisUnduhan
Referensi
Adhiyah, M. (2023). Pembelajaran konstruktivisme berbantuan media benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2075–2081. https://doi.org/doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.4988
Alim, N. S., Rahmawati, F., & Hendrastuti, Z. R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Tgt Berbantuan “Ultraphy” Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Smp Negeri 1 Magelang. Journal of Mathematics Education, 6(2), 137–148. https://doi.org/10.32665/james.v6i2.1708
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4(2), 172–180. https://doi.org/10.24269/ed.v4i2.555
Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan ( Daring ) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19–30. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147
Hasyim, P. H., & Abadi, A. P. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Journal on Education, 06(01), 4877–4883. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3645
Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Berbasis Permainan Edukasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809–1822. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1537
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Layyin, S. N. M., & Haqiqi, A. H. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sudut Terintegrasi Nilai Keislaman. NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science (2022 ), 2(1), 95–109.
Lena, Y. L. M., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Berbasis Komputer pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 121. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11945
Listiana, A., Turmuzi, M., Kurniawan, E., & Prayitno, S. (2022). Pengembangan Modifikasi Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran pada Materi Peluang Kelas VIII SMPN 1 Narmada Tahun Ajaran 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 972–987. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.273
Muinah, Badawi, & Ariyantika, A. O. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wingeom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Mathematic Education And Aplication, 3(1), 1–9.
Musyarofah, H. L. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu Media Monopoli Aritmetika (Monika) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Watumalang Pada Materi Aritmetika Sosial. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Nindya, R., Isrokatun, I., & Irawati, R. (2024). Pengaruh Media SMARD terhadap Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VI Pada Materi Bangun Datar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 57–68. https://doi.org/10.58230/27454312.413
Nurzaman, W., Fitriani, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 693–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.693-702
Pandjaitan, H. B. H., & Mintohari. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Misi Dewa (Monopoli Siklus Hidup Hewan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(3), 637–651.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research – Part A: An Introduction. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2
Putri, T. E., Nuraini, A. F., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Kelas IX di Salah SatU SMP Negeri Cimahi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–54. https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.329
Rostiana, I. A., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Kelas X SMA. EdumatSains, 7(1), 139–152. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3956
Rusnia, W. O., Anwar, Z., Al-lahmadi, N., Kilian, F., & Riski, W. O. (2023). Pengaruh Penerapan Games Monika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP PGRI Kota Sorong Pada Materi Operasi Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–45. https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2953
Safanora, F. A., & Putra, L. V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas 1 SDN Kalongan 02. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(09), 334–343. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16525
Saputra, T. A., Suweta, I. M., & Suparya, I. K. (2024). Pengembangan Media Monopoli Cerdas untuk Matematika Kelas V Materi Perbandingan di SD Negeri 1 Kampung Anyar. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 4(2), 168–182.
Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K. C. A., & Kiromi, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islami pada Materi Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 469–478. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1509
Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Umbara, U., Munir, Susilana, R., & Puadi, E. (2021). Algebra dominoes game : Re-designing mathematics learning during the covid-19 pandemic. International Journal of Instruction, 14(4), 483–502. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2021.14429a
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.