MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA SISWA KELAS 2 SD

Authors

  • Suranto Suranto Universitas Darma Persada
  • Nur Asiah Universitas Terbuka

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa kelas 2 SD dalam menuliskan kata menjadi latar belakang utama dalam penelitian ini, hal ini terungkap dalam observasi awal dalam proses pembelajaran di kelas sehingga peneliti berinisiatif untuk mencarikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 dalam menulis kata menggunakan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Swasta Al Majidiyah Kecamatan Bagan Sinembah Desa Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilakukan selama semester kedua tahun ajaran 2022 – 2023. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research dengan dua siklus penelitian. Data kuantitatif adalah data yang dikumpulkan dari hasil tes formatif yang dilakukan setiap siklus. Pengamatan dilakukan pada setiap siklus pembelajaran yang merupakan data kualitatif. Hasil belajar siswa kemudian ditentukan dengan mengkombinasikan data yang terkumpul dengan kriteria keberhasilan.  Terdapat 11 siswa atau (41%) siswa yang lulus pada Pra-siklus, kemudian pada sisklus 1 terdapat 18 siswa atau 67% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 23 siswa atau 85% dan sudah melampaui kriteria keberhasilan yang telah peneliti tetapkan di awal. Sehingga penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa SD kelas 2 dalam menulis kata.

Kata kunci : Media gambar, menulis, hasil belajar

 

The low ability of second-grade elementary school students in writing words became the main issue addressed in this study. This problem was revealed during initial classroom observations, prompting the researcher to seek solutions. The purpose of this research is to improve students’ abilities—particularly in Indonesian language classes for second graders—to write words using picture media. The subjects of this study were 27 second-grade students at SD Swasta Al Majidiyah, Kecamatan Bagan Sinembah, Desa Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir. The research was conducted during the second semester of the 2022–2023 academic year. This study employed the Classroom Action Research method over two cycles. Quantitative data were collected from formative tests administered in each cycle, while qualitative data were gathered through observations during each learning cycle. Students’ learning outcomes were determined by combining the collected data with predetermined success criteria. In the pre-cycle, 11 students (41%) met the criteria; in cycle 1, 18 students (67%) met the criteria; and in cycle 2, the number increased to 23 students (85%), surpassing the initial success criteria set by the researcher. Thus, the use of picture media can enhance second-grade elementary students’ ability to write words.

Keyewords: Picture Media, Writing, Learning Outcome

Keywords:

Media gambar, Menulis, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 34
Downloads Count: 21

Published

11-03-2025

How to Cite

Suranto, S., & Asiah, N. (2025). MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA SISWA KELAS 2 SD. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 9(1), 8–15. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/diglosia/article/view/13117

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.