PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI LINGKUNGAN DINAS SOSIAL KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Fariq La Roybafi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Politik, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Politik, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Politik, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v6i2.15065

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komunikasi terhadap kualitas pelayanan di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur. Kualitas pelayanan dipengaruhi faktor internal seperti nilai budaya organisasi dan pola komunikasi antarpegawai. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 50 pegawai. Hasil menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Nilai seperti integritas, kedisiplinan, dan kepedulian sosial meningkatkan etos kerja serta profesionalitas pegawai dalam memberikan layanan. Sebaliknya, komunikasi tidak berpengaruh signifikan, meskipun koordinasi dan keterbukaan informasi tetap penting mendukung proses kerja. Temuan menegaskan bahwa budaya organisasi yang kuat merupakan fondasi utama pelayanan publik yang optimal. Oleh karena itu, penguatan nilai budaya organisasi perlu menjadi prioritas dalam strategi peningkatan kualitas pelayanan.

Keywords:

Budaya Organisasi, Komunikasi, Kualitas Pelayanan, Dinas Sosial, Sektor Publik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, S. M. (2023). Pengaruh Kompetensi, Komunikasi Internal dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Sosial Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 934– 948. https://doi.org/10.5281/zenodo.8395274

America, C. D. B. of L. (2018). Urban growth and access to opportunities: A challenge for Latin America. In Masterplanning Futures. Colombia: Panamericana Formas e Impresos S.A.

Anggraeni, M. H., & Muhsin. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kompetensi Terhadap Kualitas Pelayanan KTP-el. Analysis Journal, 9(2), 634–649.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Baliyah, F. M. (2021). Manajemen Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Ponorogo). . Electronic Tesis IAIN Ponorogo,, 113.

Erin, B., Warisman, F., Ahmad, D., & Purnama, D. W. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Subang The Influence Organizational Communication towards the Quality of ... Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Subang The Influence Organizational Communication towards the Quality of Inpatient Services at Regional Public Hospital in Subang Regency. August.

Budhi Heriyanto, A. Y., Ranti, M., Rojikun, A., & Hernaningsih, F. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kualitas Pelayanan Customer Service dan Citra Merek terhadap Kepuasan Nasabah pada Pengguna Aplikasi BRImo (Studi kasus pada nasabah Bank BRI kantor cabang Jakarta Gatot Subroto). Jurnal Ekonomika, 14(2), 258–277.

Dewi, N. L., Gunawan, Y., Mangunsong, S., & Meiliana, Y. (2021). Pengaruh sistem pengendalian internal dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik berkelanjutan. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(2), 99–106.

Gea, S. M. F., Harefa, P., Lase, H., & Ndraha, A. B. (2023). Pengaruh Sikap an Budaya Organisasi Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Peri (Baliyah, 2021)kanan Kota Gunungsitoli. Innovative:

Journal Of Social Science Research, 3(6), 1208–1223. http://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/6385%0Ahttps://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/download/6385/4469

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ishak, W., Dama, H., & L. Asi, L. (2022). Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik samsat. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 819–824. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB N

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Lestari, A. I., Amaluddin, A., & Ilham, M. (2021). Pengaruh komunikasi kerja terhadap semangat kerja pegawai dinas sosial kabupaten nias selatan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 61–72.

Mudasir. (2024). Wawancara dan Ob (Baliyah, 2021)servasi. In Pembangunan DAM (Issue July).

Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). In Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data).

Suryanti1, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyakat (Studi Pada Dinas Sosial Kota Makassar) (2024). Website: https://journalpedia.com/1/index.php/jmbm. 6(3), 69–75.

Ramadhani, M. N.; Irfana, T. B.; Supriyanto, S.; Thamrin, D.; Siahaan, M. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Medan Satria Bekasi. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 167–181.

Downloads

Abstract Views : 6
Downloads Count: 6

Published

2025-07-13