Analisis Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 Kelas XI Ditinjau Dari Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik Pada Konsep Sistem Pencernaan
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v3i01.15414Abstract
Pendekatan saintifik (scientific approach) dalam kurikulum 2013 diyakini sebagai salah satu bagian perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah. Banyaknya buku teks Biologi yang beredar dikalangan masyarakat mengharuskan untuk lebih teliti dalam memilihnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas isi buku teks Biologi SMA kurikulum 2013 kelas XI konsep sistem pencernaan dari tiga penerbit yang berbeda yang akan ditinjau dari tingkat akomodasi pendekatan saintifik (scientific approach) berdasarkan kurikulum 2013. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan maksud hasil analisis kualitas buku ini dibahas dalam bentuk pemaparan dan membuat kesimpulan untuk medeskripsikan kualitas buku teks Biologi kurikulum 2013 SMA kelas XI. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan, tingkat ketepatan konsep pada buku teks Biologi kurikulum 2013 SMA kelas XI terbitan “C” dan “A” memiliki konsep yang Memadai paling tinggi dibandingkan dengan buku terbitan “B”. Sedangkan jika ditinjau dari tingkat akomodasi pendekatan saintifik dengan lima aspek yang sudah ditetapkan, buku teks biologi kurikulum 2013 terbitan “C” adalah buku yang memiliki tingkat akomodasi pendekatan saintifik tertinggi, dan buku teks biologi kurikulum 2013 SMA kelas XI terbitan “B” yang memiliki tingkat akomodasi pendekatan saintifik paling rendah. Kesimpulan dari analisis ini adalah buku teks biologi kurikulum 2013 SMA kelas XI terbitan “C” memiliki penilaian yang baik dalam hal tingkat ketepatan konsep juga dalam hal tingkat akomodasi pendekatan saintifik.
Keywords:
Buku tek, Pendekatan saintifik, Sistem pencernaanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hestie Agustina Luvian, Edy Chandra, Ipin Aripin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.