Strategi Virtual Marketing Bagi UMKM Di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.9537Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan motor penggerak perekonomian yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kreativitas masyarakat dan kemampuan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memandu ide dan kreasi diwujudkan dalam berbagai produk UMKM. Ada banyak UMKM di Kecamatan Asemrowo dengan berbagai produk UMKM, namun pandemi membuat beberapa UMKM mati. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan UMKM di Kecamatan Asemrowo melalui strategi virtual marketing. Keuntungan dari strategi virtual marketing, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga kenaikan omset penjualan. Mitra usaha yakni para pelaku UMKM yang terdiri dari pengusaha makanan yang terus berinovasi dalam memasarkan produk secara digital (instagram dan facebook). Kegiatan implementasi virtual marketing dilakukan melalui tahapan survei mitra, pelatihan dan pendampingan, pembuatan media sosial bagi UMKM Kecamatan Asemrowo, dan evaluasi atas implementasi virtual marketing untuk memperluas cakupan penjualan dan keberlangsungan usaha di tengah tantangan persaingan dan lesunya perekonomian saat ini
Keywords:
UMKM Kecamatan Asemrowo, virtual marketing, brand awarenessDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahidahwati, Rika Rahayu, Maratus Zahro, Ardilla Ayu Kirana, Dewi Maryam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work