Strategi Virtual Marketing Bagi UMKM Di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya Jawa Timur

Authors

  • Wahidahwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Rika Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Maratus Zahro
  • Ardilla Ayu Kirana
  • Dewi Maryam

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.9537

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan motor penggerak perekonomian yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kreativitas masyarakat dan kemampuan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memandu ide dan kreasi diwujudkan dalam berbagai produk UMKM. Ada banyak UMKM di Kecamatan Asemrowo dengan berbagai  produk UMKM, namun pandemi membuat beberapa UMKM mati. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan UMKM di Kecamatan Asemrowo melalui strategi virtual marketing. Keuntungan dari strategi virtual marketing, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga kenaikan omset penjualan. Mitra usaha yakni para pelaku UMKM yang terdiri dari pengusaha makanan yang terus berinovasi dalam memasarkan produk secara digital (instagram dan facebook). Kegiatan implementasi virtual marketing dilakukan melalui tahapan survei mitra, pelatihan dan pendampingan, pembuatan media sosial bagi UMKM Kecamatan Asemrowo, dan evaluasi atas implementasi virtual marketing untuk memperluas cakupan penjualan dan keberlangsungan usaha di tengah tantangan persaingan dan lesunya perekonomian saat ini

Keywords:

UMKM Kecamatan Asemrowo, virtual marketing, brand awareness

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 25
Downloads Count: 22

Published

2025-01-08

How to Cite

Wahidahwati, Rahayu, R., Maratus Zahro, Ardilla Ayu Kirana, & Dewi Maryam. (2025). Strategi Virtual Marketing Bagi UMKM Di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya Jawa Timur. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 579–589. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.9537

Issue

Section

Articles