Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Marketing Berbasis Digitalisasi Bagi Para Pelaku Umkm Di Desa Cilembu Dan Desa Cigendel
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9068Abstract
Digital marketing adalah kegiatan promosi atau pencarian pasar melalui media digital secara online dengan tujuan untuk menarik konsumen secara cepat.. tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para kelompok UMKM masyarakat yang ada di Desa Cilembu dan Desa Cigendel, agar mampu berinovasi dalam memasarkan produk mereka dengan cara memanfaatkan internet baik lewat situs web, media social, dan saluran serupa lain nya sebagai sarana agar produk yang mereka hasilkan dapat dijangkau lebih luas lagi. Metode yang digunakan dalam kegiatin pelatihan ini menggunakan metode kualitatif deskriftip dengan cara diskusi, penyuluhan, pelatihan, dan evaluasi secara langsung kepada para pelaku UMKM. Hasil pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM di Desa Cilembu dan Cigendel dalam memasarkan produknya secara digital aagar produk yang mereka hasilkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan pelatihan dan demonstrasi tentang cara melakukan pemasaran secara marketing.
Keywords:
Pelatihan, UMKM, Digital MarketingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ginan Wibawa, Fitriana Dewi Sumaryana , Agrivinie Rainy Firohmatillah , Sulastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work