Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8678Abstract
Pembelajaran yang terjadi di sekolah mitra biasanya didominasi oleh peran guru dan kurang memperhatikan pengembangan potensi serta karakter siswa. Guru menghadapi tantangan dalam memberikan pembelajaran tambahan kepada siswa yang belum mencapai pemahaman penuh dalam pelajarannya. Banyak guru yang belum mahir dalam menggunakan literasi digital. Solusi yang ditawarkan dalam pemecahan masalah prioritas mitra adalah melalui penyelenggaraan pelatihan untuk merancang modul e-learning interaktif menggunakan teknologi informasi. Siswa yang belum menyelesaikan pembelajaran dapat memanfaatkan e-modul interaktif untuk belajar secara mandiri di rumah. E-modul pembelajaran interaktif tidak hanya berguna untuk pembelajaran remedial, tetapi juga efektif digunakan baik dalam pembelajaran kelompok maupun individu di kelas. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memungkinkan guru dapat menciptakan e-modul pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Flip PDF Professional dan juga membuat soal ujian berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini melibatkan penggunaan metode presentasi, diskusi, dan latihan praktis dalam pembuatan e-modul interaktif. Peserta pelatihan diminta untuk mengisi angket pada awal sesi untuk mengevaluasi pengetahuan mereka tentang bahan ajar berbasis teknologi informasi sebelum kegiatan dimulai. Setelah itu, peserta akan mendapatkan pelatihan intensif dan pendampingan dalam proses pembuatan e-modul pembelajaran interaktif menggunakan teknologi informasi. Diharapkan bahwa hasil dari pelatihan dan pendampingan ini akan meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran menggunakan aplikasi Flip PDF Professional.
Keywords:
E-modul, interaktif, literasi digital, teknologi informasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Pratiwi Pane, Eduward Situmorang, Ady Frenly Simanullang, Theresia Monika Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work