PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU

Authors

  • Erik Santoso Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka
  • Nia Kania Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka
  • Iik Nurhikmayati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka
  • M. Gilar Jatisunda Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka
  • Vici Suciawati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka
  • Sudianto Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.832

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dapat dilakukan oleh guru dalam memperbaiki proses pembelajaran di kelas. PTK sebagai bentuk pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerjanya. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan terstruktur yang dilakukan secara virtual zoom meeting. Jumlah seluruh peserta yang mendaftar sebanyak 143 orang. Hasil dari pelatihan menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta pelatihan dalam memahami PTK dengan baik. Hasil lain juga menunjukan bahwa melalui kegiatan pelatihan pemahaman peserta pelatihan mengenai PTK menjadi lebih baik.

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Profesionalisme Guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 751
Downloads Count: 864

Published

2021-05-06

How to Cite

Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Jatisunda, M. G., Suciawati, V., & Sudianto. (2021). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 504–509. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.832

Issue

Section

Articles