Penguatan Rasa Percaya Diri Pada Anak Melalui Pelatihan Seni Tari Di Banjar Temukus, Desa Besakih

Authors

  • Ni Nengah Yuliani Institut Teknologi Dan Pendidikan Markandeya Bali
  • I Nengah Sueca Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Bali, Indonesia
  • I Wayan Numertayasa Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8178

Abstract

Percaya diri adalah bagian dari Pendidikan karakter pada anak. Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini salah satunya melalui pelatihan seni tari. Tari adalah perpaduan gerak yang berirama serta memiliki keindahan dalam gerakannya sendiri. Tari merupakan keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika gerak tubuh.  Dengan adanya pelatihan tari di Banjar Temukus Desa Besakih ini  anak akan mampu mengekspresikan dirinya lewat gerakan tari dan irama musik sehingga rasa percaya diri anak bisa berkembang. Anak-anak  di Banjar Temukus sangat antusias dalam latihan belajar menari. Hal tersebut terlihat saat mereka begitu semangatnya dalam mengikuti pelatihan tari yang dilaksanakan oleh tim KKN ITP Markandeya Bali setiap hari minggu yang meminjam tempat untuk melakukan kegiatan di PWP Surya Dhyana Kresna. Faktor pendukung utama dari pelatihan tari ini muncul dari dalam diri anak untuk mengikuti kegiatan pelatihan tari tanpa paksaan dari pihak manapun. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode PALS ((Paraticcipatory action learning system).

Keywords:

Pelatihan Seni Tari, Rasa Percaya Diri, Pendidikan Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 161
Downloads Count: 278

Published

2024-04-03

How to Cite

Yuliani, N. N., Sueca, I. N., & Numertayasa, I. W. (2024). Penguatan Rasa Percaya Diri Pada Anak Melalui Pelatihan Seni Tari Di Banjar Temukus, Desa Besakih. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1271–1277. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8178

Issue

Section

Articles