Pemberdayaan Keterampilan Guru Melalui Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berbasis Pendidikan Karakter Siswa di SDN

Authors

  • Alberth Manurung Universitas Esa Unggul
  • Abdul Halim
  • Syurya Muhammad Nur

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.8036

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis pendidikan karakter siswa adalah Model tentang pembelajaran berbasis menyelesaikan persoalan matematika yang mengunakan kecerdasan sehingga mampu menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleks, Kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis pendidikan karakter siswa adalah model yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan proses pembelajaran pada guru. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk menambah ilmu pengetahuan yang tiap waktu mengalami perubahan. Subjek pengabdian kepada masyarakat ini adalah seluruh guru di SDN Duri Kepa 03 Pagi. Berdasarkan hasil observasi, pada proses pembelajaran guru masih menggunakan cara mengajar yang konvensional atau berpusat pada guru sebagai pemberi informasi, dengan adanya pemberdayaan keterampilan guru diharapkan meningkatkan karakter siswa yang baik dari setiap konsep pengerjaan masalah dalam bentuk aplikasi soal. Berdasarkan hal tersebut maka rekomendasi solusi terhadap permasalahan perlu dilakukan melalui kegiatan pendampingan dan pemberdayaan keterampilan Guru melalui Kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis Pendidikan Karakter Siswa baik ketika belajar dilakukan di Sekolah ataupun belajar di rumah (daring). Metode yang digunakan adalah melalui Sosialisasi, Refleksi diri dan   Pemetaan, Pengukuran dan Evaluasi Program

Keywords:

Pemberdayaan, Keterampilan, Kemampuan berpikir kreatif matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 87
Downloads Count: 87

Published

2024-01-14

How to Cite

Manurung, A., Halim, A., & Muhammad Nur, S. (2024). Pemberdayaan Keterampilan Guru Melalui Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berbasis Pendidikan Karakter Siswa di SDN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 777–785. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.8036

Issue

Section

Articles