Pembuatan serta Penerapan Sistem Pengendalian Biaya dan Pencatatan Piutang Konsumen pada PT Mulia Realty Batindo

Authors

  • Candy Universitas Internasional Batam
  • Stephanie Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7883

Abstract

Seiring dengan dinamika bisnis yang semakin kompleks, perusahaan developer real estate menghadapi tantangan keuangan yang signifikan, begitu pula dengan PT Mulia Realty Batindo. PT Mulia Realty Batindo perlu mengelola sumber daya keuangan yang mereka miliki dengan bijak untuk mengatasi ketidakpastian dan memastikan kelangsungan bisnis yang berkelanjutan. Setelah melakukan proses wawancara, observasi dan dokumentasi, ditemukan beberapa permasalahan keuangan pada proses bisnis seperti anggaran yang sering over budget dan pencatatan piutang yang masih dilakukan secara manual. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat sistem pengendalian biaya (cost control) serta sistem pencatatan piutang konsumen bagi PT Mulia Realty Batindo. Sistem cost control dan sistem kartu piutang konsumen dibuat dalam bentuk Microsoft Excel dan diterapkan oleh perusahaan selama kurang lebih 1 (satu) bulan. Hasil dari implementasi yang telah dilakukan yaitu pengeluaran perusahaan menjadi lebih terkendali dan terestimasi, serta penagihan yang dilakukan menjadi lebih teratur sehingga konsumen yang menunggak dapat melakukan pembayaran secepatnya. Hasil ini dianggap berhasil karena mendapatkan respon baik dari pihak perusahaan.

Keywords:

Pengendalian biaya, Piutang, Keuangan, Real Estate

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 104
Downloads Count: 125

Published

2024-01-30

How to Cite

Candy, C., & Stephanie, S. (2024). Pembuatan serta Penerapan Sistem Pengendalian Biaya dan Pencatatan Piutang Konsumen pada PT Mulia Realty Batindo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1102–1109. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7883

Issue

Section

Articles