PELATIHAN PEMBUATAN MODUL DIGITAL BERBASIS STEAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU DI DESA CURUG KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Rika Mulyati Mustika Sari universitas singaperbangsa karawang
  • Rahmat Iqbal Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi universitas singaperbangsa karawang, Karawang, Indonesia
  • Karina Chintya Lestari Universitas Buana Perjuangan, Karawang, Indonesia
  • Lessa Roesdiana Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7777

Abstract

Pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk mendukung upaya pelaksanaan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan serta membantu pemahaman literasi bagi siswa dan guru, melalui pelatihan penyusunan modul digital. Solusi yang hendak dicapai adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan/pemahaman para guru SMP yang mengikuti pelatihan tentang bahan ajar berupa modul digital.
  2. Memperkenalkan macam-macam sumber belajar kepada para guru untuk menambah wawasan yang merupakan keterampilan dasar bagi guru dalam membuat modul pembelajaran sehingga mereka dapat menghasilkan produk karya yang efektif dan kreatif.
  3. Menanamkan keterampilan merancang modul pembelajaran sesuai kaidah yang benar.

  Menumbuh-kembangnya motivasi dan keterampilan mengajar yang bervariasi kepada guru.

Pelaksanaan kegiatan PkM ‘Pendampingan Pembuatan Modul Digital Berbasis STEAM Bagi Guru-Guru SMP  dalam Mendukung Kurikulum Merdeka’ menggunakan pendekatan bentuk pelatihan dan pendampingan, dengan mengadopsi metode blended learning. Metode ini mengkolaborasikan pelatihan secara langsung dan mandiri yang dapat dilakukan kapan saja.

Keywords:

Modul Digital, STEAM, Media Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 92
Downloads Count: 73

Published

2024-01-05

How to Cite

Sari, R. M. M., Iqbal, R., Lestari, K. C., & Roesdiana, L. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL DIGITAL BERBASIS STEAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU DI DESA CURUG KABUPATEN KARAWANG . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 407–413. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7777

Issue

Section

Articles