Program Peningkatan Fasilitas Fisik TK ABA Al-Hikmah, Rejosari, Terong, Dlingo, Bantul, DIY

Authors

  • Anita Widianti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Fadillawaty Saleh
  • Jefri Pratama

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7751

Abstract

Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Al-Hikmah terletak di Pedukuhan Rejosari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian dari fasilitas fisik yang dimiliki belum sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (SN-PAUD). Untuk itu tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membantu pengelola TK agar fasilitas fisik yang dimiliki sesuai dengan standar tersebut. Kegiatan PkM yang dilaksanakan meliputi beberapa tahap, yaitu mengadakan pertemuan dengan komite sekolah dan pengelola TK ABA, melakukan survei lokasi dan survei lingkungan, membantu merancang fasilitas fisik yang perlu ditingkatkan, serta melakukan pendampingan saat pelaksanaan renovasi dan pembangunannya. Dari kegiatan ini telah dihasilkan dokumen perancangan yang meliputi desain gambar bangunan beserta Rencana Anggaran Biayanya. Selanjutnya Tim PkM memberikan bantuan pendampingan hingga pembangunan selesai. Adapun pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan adalah merenovasi ruang dapur, gudang dan tempat bermain siswa, merenovasi dan menambah kamar mandi/WC, serta membangun pagar di sekeliling sekolah agar siswa aman dan nyaman.

Keywords:

fasilitas fisik, perancangan, renovasi, TK ABA Al-Hikmah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 67
Downloads Count: 74

Published

2024-01-05

How to Cite

Widianti, A., Saleh, F., & Pratama, J. (2024). Program Peningkatan Fasilitas Fisik TK ABA Al-Hikmah, Rejosari, Terong, Dlingo, Bantul, DIY . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 387–394. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7751

Issue

Section

Articles