PENGUATAN KAPASITAS GURU YAYASAN PENDIDIKAN KRISTEN HITI KEFA MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.743Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru Kristen Yapenkris HITI Kefa bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam penulisan karya tulis ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas yang berdampak pada peningkatan kompetensi diri guru. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini berjumlah 20 orang guru Yapenkris HITI Kefa. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, praktik, dan pendampingan serta presentasi. Peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai kiat menulis karya ilmiah, memilih topik penelitian, mengembangkan aspek kebahasaan dalam penulisan karya ilmiah, menulis latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, landasan teori dan kajian pustaka, merancang metode dan instrument penelitian, teknik pengambilan dan analisis data, pembahasan hasil penelitian, membuat simpulan dan saran, serta menulis daftar pustaka. Kegiatan pelatihan selama tiga hari memberi dampak positif terhadap 20 orang guru YAPENKRIS HITI Kefa yaitu (1) guru-guru YAPENKRIS HITI Kefa termotivasi untuk melakukan penelitian tindakan kelas karena telah memiliki pengetahuan mengenai prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas; (2) Guru-guru mampu menuangkan ide penelitian dengan membuat draft penelitian tindakan kelas; (3) Guru-guru merasa puas mengikuti kegiatan pelatihan ini karena memperoleh bimbingan secara intens untuk menyelesaikan draft penelitian tindakan kelas. Kegiatan pengabdian ini perlu dilanjutkan agar guru-guru YAPENKRIS HITI Kefa dapat menyelesaikan draft penelitian tindakan kelas menjadi karya tulis ilmiah berbentuk laporan hasil penelitian.
Keywords:
Kapasitas Guru, Pelatihan, Karya IlmiahDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work