Pengaruh Kelompok Belajar Inklusi Guna Meningkatkan Angka Melek Huruf di SMP Negeri 2 Petir

Authors

  • Arga Satrio Prabowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Ariska Kiyawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Denfiet Tanjungsari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Faira Agustina Maharani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Entis Saefullah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Dwita Ramdhini Ayu Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Siti Roziah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Nur Fitri Amalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Aby Taufiq Hizri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7352

Abstract

Pengaruh kelompok belajar inklusi guna meningkatkan angka melek huruf di SMP NEGERI 2 PETIR Kegiatan kelompok belajar inklusi dilakukan selama kurang lebih 1 bulan dari 13 sepetember – 13 oktober. Dalam pengajarannya satu mahasiswa mengajar 1 peserta didik inklusi dengan menggunakan pendekatan pengajaran interaksional yang menekankan pada proses dialogis dalam penyampaian materi. Tujuan utama pengajaran dalam konteks ini adalah mengembangkan dan mengungkapkan potensi siswa melalui menciptakan kondisi yang mendorong interaksi antara guru dan siswa. Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan kelompok belajar inklusi secara terjadwal dilakukan setiap harinya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Definisi Kelompok belajar Inklusi adalah sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk mempromosikan inklusi pendidikan. Inklusi pendidikan adalah konsep yang menekankan pentingnya menyediakan akses dan kesempatan pendidikan yang sama untuk semua individu, termasuk mereka yang mungkin memiliki kebutuhan pendidikan khusus atau berkebutuhan khusus. Dalam konteks kelompok belajar inklusi, tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan di mana individu dengan berbagai latar belakang, kemampuan, dan kebutuhan dapat belajar bersama. Kelompok belajar inklusi dapat diimplementasikan di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, yang memberikan kesempatan bagi semua individu untuk belajar bersama dan saling mendukung dalam mencapai tujuan pendidikan mereka.

Keywords:

kelompok belajar, inklusi, melek huruf

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 149
Downloads Count: 131

Published

2024-01-18

How to Cite

Prabowo, A. S., Kiyawati, A., Tanjungsari, D., Maharani, F. A., Saefullah, E., Putri, D. R. A., … Hizri, A. T. (2024). Pengaruh Kelompok Belajar Inklusi Guna Meningkatkan Angka Melek Huruf di SMP Negeri 2 Petir. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 989–998. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7352

Issue

Section

Articles