Penyuluhan Revitalisasi Pos Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Bagi Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7329Abstract
Siswa yang belajar di sekolah telah diatur secara sistematis sesuai standar pendidikan nasional. Pos baca merupakan sarana belajar anak-anak yang didirikan atas kearifan lokal di suatu wilayah RT, RW atau Kelurahan yang penggunaannya lebih fleksibel untuk kegiatan membaca atau bermain sambil belajar bagi anak-anak di luar jam sekolah, khususnya pos baca yang ada di wilayah RT 04 RW 02 kelurahan Bandulan Kecamatan Sukun Kota Malang. Pojok baca dirancang bukan sebagai pesaing perpustakaan sekolah, namun diharapkan dapat membantu perpustakaan sekolah dalam menciptakan siswa gemar membaca dan rutinitas membaca, sehingga buku-buku yang disediakan di pos baca harus berbeda dengan buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah. Tujuan pos baca untuk mendorong keterampilan membaca dan menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar atau tempat kegiatan keaksaraan di tingkat masyarakat. Manfaat pos baca dapat membantu anak putus sekolah dan buta huruf, sehingga mendukung budaya literasi. Literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, menambah pengetahuan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. Kesimpulan pos baca didirikan atas kearifan lokal dengan sumber dana dari masyarakat, pos baca didirikan sebagai sarana belajar siswa di luar jam sekolah dan membantu bagi anak putus sekolah serta buta huruf.
Keywords:
penyuluhan, pos baca, literasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Djoko Andrijono, Sufiyanto, Gulita Ngudiana, Mohammad Hafid Zamroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work