SERVICE LEARNING ; MENGINTEGRASIKAN TUJUAN AKADEMIK YANG BERKOMPETITIF DAN BERKARAKTER PROFESIONAL PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Authors

  • Mika Andika STIKES Citra Delima Bangka Belitung
  • Maryana Institut Citra Internasional, Pangkal pinang, Indonesia
  • Sirli Agustiani Institut Citra Internasional, Pangkal pinang, Indonesia
  • Muhammad Faisal Institut Citra Internasional, Pangkal pinang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7322

Abstract

Institut Citra Internasional merupakan perguruan tinggi swasta dibidang kesehatan yang memiliki visi yaitu menjadi center of excellence yang berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional pada tahun 2035. Namun faktanya sampai saat ini belum adanya lulusan yang terserap untuk bekerja di luar negeri. Hal itu dikarenakan para pendidik masih menerapkan metode konvensional dalam proses pembelajaran sehingga mahasiswa hanya belajar teori di kelas. Selain itu karakter dan moral yang kurang baik terhadap dosen pada saat mengikuti pembelajaran seperti bermain handphone pada saat perkuliahan berlangsung. Selanjutnya mitra lain yang terlibat dalam kegiatan pengabdian Masyarakat ini yakni Masyarakat Tua tunu Indah. Masalah yang terjadi pada masyarakat tua tunu indah yakni keluhan kesehatan yang mereka alami seperti naiknya tekanan darah tinggi, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat yang naik. Selain itu kebiasan membuang sampah di tempat umum, sehingga menganggu para pengendara yang lewat. Berdasarkan masalah tersebut, solusi yang diterapkan oleh tim pengabdian Masyarakat ialah menerapkan metode service learning dalam mengatasi kondisi mitra, pemeriksaan gratis dan penyuluhan mengenai perilaku hidup sehat dan bersih. Berikut ini tahapan yang dilaksanakan pada kegiatan pengabdian Masyarakat seperti tahap persiapan, tahap pelaksannan kegiatan, tahap pendampingan dan tahap evaluasi kegiatan. Adapun Instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah butir soal. Berdasarkan hasil perbandingan skor pre-test and post-test pada mahasiswa menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum menerapkan service learning dengan nilai rata-rata 87,19. Terdapat adanya peningkatan skor post-test mahasiswa dengan nilai rata-rata 88.72. Sedangkan pengetahuan pada Masyarakat Tua Tunu Indah mengenai perilaku hidup sehat dan bersih yakni dengan nilai pretest 75,62 sedangkan nilai post-test 81,65. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kegiatan pengabdian Masyarakat ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa serta masyarakat kelurahan Tua tunu Indah

Keywords:

service learning, Tujuan akademik, Berkompetitif, berkarakter profesional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 219
Downloads Count: 171

Published

2024-01-03

How to Cite

Andika, M., Maryana, M., Agustiani, S., & Faisal, M. (2024). SERVICE LEARNING ; MENGINTEGRASIKAN TUJUAN AKADEMIK YANG BERKOMPETITIF DAN BERKARAKTER PROFESIONAL PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 218–225. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7322

Issue

Section

Articles