Strategi Pendampingan Pengembangan Keprofesian Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMA N 1 Polanharjo

Authors

  • Ani Widayati Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Normalitasari Purnama Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rizqi Ilyasa Aghni Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Diana Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Abdullah Taman Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7232

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan terkait bagaimana proses penyusunan proposal dan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta memberikan pengetahuan kepada guru terkait langkah pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi berbasis flipbook. Khalayak sasaran pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru sekolah di SMA N 1 Polanharjo Klaten. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 79 guru. Metode pelatihan dilakukan secara luring bertempat di ruang guru SMA N 1 Polanharjo Klaten dan dilaksanakan dengan metode ceramah/tanya jawab dan simulasi/ praktik. Pelatihan dibagi menjadi dua tahap / sesi yaitu pelatihan yang ditujukan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana pembuatan proposal dan laporan penelitian tindakan kelas. Tahap/sesi kedua dilaksanakan dengan materi pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook disertai dengan praktik pembuatan media. Pelaksanaan kegiatan pelatihan secara luring berjalan dengan baik dan lancar. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah pertama, peserta dapat  menguasai konsep pembuatan proposal dan laporan PTK secara umum. Yang kedua, peserta dapat mempraktikkan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan media flipbook.

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Media Pembelajaran Interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 140
Downloads Count: 246

Published

2024-01-03

How to Cite

Widayati, A., Purnama, D. N., Aghni, R. I., Rahmawati, D., & Taman, A. (2024). Strategi Pendampingan Pengembangan Keprofesian Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMA N 1 Polanharjo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 171–178. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7232

Issue

Section

Articles