Strategi Pendampingan Pengembangan Keprofesian Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMA N 1 Polanharjo
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7232Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan terkait bagaimana proses penyusunan proposal dan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta memberikan pengetahuan kepada guru terkait langkah pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi berbasis flipbook. Khalayak sasaran pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru sekolah di SMA N 1 Polanharjo Klaten. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 79 guru. Metode pelatihan dilakukan secara luring bertempat di ruang guru SMA N 1 Polanharjo Klaten dan dilaksanakan dengan metode ceramah/tanya jawab dan simulasi/ praktik. Pelatihan dibagi menjadi dua tahap / sesi yaitu pelatihan yang ditujukan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana pembuatan proposal dan laporan penelitian tindakan kelas. Tahap/sesi kedua dilaksanakan dengan materi pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis flipbook disertai dengan praktik pembuatan media. Pelaksanaan kegiatan pelatihan secara luring berjalan dengan baik dan lancar. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah pertama, peserta dapat menguasai konsep pembuatan proposal dan laporan PTK secara umum. Yang kedua, peserta dapat mempraktikkan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan media flipbook.
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Media Pembelajaran InteraktifDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ani Widayati, Dian Normalitasari Purnama, Rizqi Ilyasa Aghni, Diana Rahmawati, Abdullah Taman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work