Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Desa Sukamulya Melalui Peningkatan Literasi Pemasaran Digital

Authors

  • Dudung Abdullah Universitas Majalengka
  • Nita Hernita Universitas Majalengka
  • Nyoman Murtini Universitas Majalengka
  • Zalfa Siti Nabilla Universitas Majalengka
  • Eli Achmad Mahiri Universitas Majalengka
  • Engkun Kurnadi Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7165

Abstract

Desa Sukamulya merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang. Di Desa Sukamulya ini mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Namun, ada juga sebagian warga yang melakukan usaha berupa produksi UMKM. Desa Sukamulya saat ini memiliki beberapa UMKM yang telah berjalan, namun disisi lain dalam pelaksanaannya masih mengalami kendala terutama belum adanya kemasan yang menarik, logo dari produk yang dihasilkan serta pemasaran yang jangkauannya terbatas. Dari sektor tersebut ditemukan masalah yang akan dicarikan jalan keluar oleh anggota KKN-T Desa Sukamulya melalui program kerja yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu, Mahasiswa dan masyarakat secara bersama-sama mengidentifikasi potensi dan menangani permasalahan yang terjadi. Sehingga, mampu mengembangkan potensi desa dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di desa.

Keywords:

Literasi Pemasaran Digital, UMKM, Desa Sukamulya Jawa Barat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 139
Downloads Count: 116

Published

2024-01-16

How to Cite

Abdullah, D., Hernita, N., Murtini, N., Siti Nabilla, Z., Mahiri, E. A., & Kurnadi, E. (2024). Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Desa Sukamulya Melalui Peningkatan Literasi Pemasaran Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 851–856. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7165

Issue

Section

Articles