KKN: Bimbingan Belajar Partisipatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MI di Desa Wonomlati Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7140Abstract
Kegiatan KKN Unipa Surabaya semester genap tahun 2022 dilaksanakan di Desa Wonomlati Kabupaten Sidoarjo. Inisiatif pemberian layanan bimbingan belajar ini muncul setelah tim mahasiswa melakukan orientasi di sekolah, dan mendapat kesan bahwa siswa MI memiliki minat belajar yang rendah, yang ditunjukkan dengan perilaku tidak antusias belajar, dan kurang memperhatikan ketika pelajaran. guru menjelaskan. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka tujuan “Program Pendidikan” KKN difokuskan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pendekatan partisipatif. Kegiatan dilaksanakan di balai desa dengan sasaran siswa MI Wachid Hasyim kelas 2 – 6 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan jumlah tutor dalam setiap bimbingan belajar adalah 10 orang mahasiswa. Waktu pelaksanaannya tiga kali seminggu yaitu Senin, Rabu, dan Kamis. Durasi bimbingan adalah tiga minggu. Teknis pelaksanaannya dilakukan dalam kelompok kecil sesuai tingkat kelas yang terdiri dari 3-4 siswa. Hasil kegiatan secara keseluruhan menunjukkan nilai post-test setiap indikator mengalami peningkatan setelah diberikan bimbingan. Artinya bimbingan belajar melalui pendekatan partisipatif efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pengalaman siswa dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran partisipatif menimbulkan perasaan senang dan puas dalam belajar, yang pada akhirnya meningkatkan minat dan hasil belajar. Hal ini sejalan dengan pendapat Hedges dan Cullen (2012), Wigfiled dan Cambria (2010), bahwa pembelajaran terjadi melalui kegiatan partisipatif di masyarakat.
Keywords:
Kuliah kerja nyata, bimbingan belajar partisipatif, minat belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moesarofah, Ita Alfia Masruroh, Vinny Indahyani, Yuli Nur Laili, Wanda Rofidatul Aisy, Anita Inayatul Mahmunah, Aisya Farikhatul Jannah, Yuliyanti Puspita Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work