Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Desain Rutinitas Produktif Menuju Kemandirian Finansial

Authors

  • Karolus Belmo Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Marianus Saldanah Neno Universitas Nusa Cendana
  • Penina Nufninu Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, Kupang, Indonesia
  • Otbil Wilson Selan Universitas San Pedro, Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.6962

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tunas Muda Kaniti didirikan berdasarkan musyawarah bersama pemudadan masyarakat kampung Kaniti atas dasar keprihatinan terhadap kondisi konkrit kehidupan remaja putus sekolah yang tidak memiliki pekerjaan/menganggur, memiliki ketergantungan finansial pada orang tua, merasa frustasi dan ingin merantau. Fokus kelompok ini ialah pemberdayaan remaja putus sekolah berdasarkan pada potensi peternakan dan pertanian di desa Penfui Timur. Tujuan kegiatan ini ialah untuk menguatkan keberadaan KUB Tunas Muda Kaniti melalui pemberdayaan anggota dan penguatan unit-unit usaha yang telah dirintis dengan cara pemberian dukungan modal dan pengadaan anakan Lele dan Ayam Petelur untuk bidang peternakan serta bibit sayur-sayuran untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan maksud melahirkan kebiasan produktif anggota dan lahirnya sumber pendapatan; peningkatan kapasitas SDM para remaja melalui penyuluhan, pelatihan dan pendampingan intensif; membentuk etos kerja produktif melalui penciptaan sistem kerja/rutinitas terjadwal tujuannya ialahuntuk membentuk sebuah “Pembiasaan” atau rutinitas harian baru bagi anggota. “Pembiasaan” ini pada akhirnya akan membentuk sebuah perilaku baru “perilaku produktif”. Target konkrit dari kegiatan ini ialahmenguatnya keberadaan KUB Tunas Muda Kaniti, lahirnya perilaku produktif anggota kelompok melalui sebuah design “Pembiasaan” dalam sebuah rutinitas setiap hari serta kemandirian finansial setiap anggota.Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dihadiri oleh para paserta dari anggota KUB Tunas Muda, Kepala Desa dan tokoh masyarakat desa Penfui Timur. Hasil yang didapatkan ialah terbangunnya semangat dan kesadaran anggota untuk bekerja produktif dan hal ini didukung dengan kesepakatan dalam kelompok untuk membuat jadwal kerja rutin untuk setiap anggota. Dalam mewujudkan itu maka pada kesempatan itu diberikan juga paket untuk mendukung hidupnya usaha anggota kelompok seperti paket ikan Lele, Ayam Petelur, Bibit tanaman Holti Kultura dan Paket Babershop. Kegiatan Pendampingan akan dilakukan untuk memastikan pemanfaatan paket yang diberikan demi terbangunnya rutinitas produktif anggota dan berdampak lebih pada keadaan finansial anggota

Keywords:

Pemberdayaan, Pembiasaan, Perilaku Produktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 152
Downloads Count: 246

Published

2024-01-02

How to Cite

Belmo, K., Neno, M. S., Nufninu, P., & Selan, O. W. (2024). Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Melalui Desain Rutinitas Produktif Menuju Kemandirian Finansial. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 50–55. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.6962

Issue

Section

Articles