PELATIHAN MENGGAMBAR DAN BERCERITA BAGI ANAK-ANAK SDIT AL-AZHAR ASYUHADA MELALUI KEGIATAN SEKOLAH ON LINE
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.691Abstract
Aktivitas menggambar dan bercerita sebagai media komunikasi merupakan suatu hal yang baik untuk memaksimalkan daya kemampuan b erfikir, berimajinasi dan berkreativitas. Melalui aktivitas tersebut diharapkan komunikasi non-verbal dapat terbentuk dengan baik secara visual dan verbal bagi pertumbuhan anak-anak dan merangsang daya kreativitas menuju perkembangan industri 4.0 di masa depan. Tujuan kegiatan ini adalah menganalisis kemampuan menggambar dan bercerita yang dimiliki anak-anak di usia 6-8 Tahun yakni dari kelas 1 hingga kelas 3 di SDIT Al-Azhar Asyuhada, Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif untuk mencoba kemampuan tes bercerita dan menggambar melalui tatap muka dua arah secara online. Hasil dari kegiatan ini berupa indikator kemampuan menggambar bagi kelas 1 dan 2, kemudian kemampuan menggambar dan bercerita dengan menggunakan teknik 5W+1H (ANAKSIMBA) bagi kelas 3. Berdasarkan hasil tes kemampuan diperoleh hasil bahwa kemampuan menggambar anak-anak kelas 1-3 memiliki kemampuan yang cukup jelas dalam menangkap tahapan-tahapan di dalam gambar. Selanjutnya, untuk materi cerita bagi anak-anak kelas 3 sudah cukup baik untuk memahami konten 5W+1H yang materi tersebut relevan dengan kurikulum yang dimiliki.
Keywords:
Menggambar, Bercerita, KomunikasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work