Penguatan Daya Saing UMKM Pengepul Buah Mangga di Kabupaten Majalengka dengan Memanfaatkan Pemasaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.6213Abstract
UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka menghadapi berbagai tantangan dalam persaingan pasar yang ketat. UMKM tersebut kesulitan untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan besar karena ketergantungan pada strategi pemasaran konvensional, akses pasar yang terbatas, dan kurangnya visibilitas. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka tentang konsep pemasaran digital dan cara menggunakannya untuk meningkatkan daya saing usaha. Pengabdian masyarakat dilakukan dalam beberapa tahap yang direncanakan dan terstruktur, seperti persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setiap tahap bertanggung jawab atas keberhasilan dan dampak positif dari kegiatan pengabdian. Dengan diselenggarakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka dapat terus berkembang dan menghadapi persaingan dengan menggunakan teknologi dan memaksimalkan pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing. Pada akhirnya, dengan menggunakan teknologi dan pemasaran digital, UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka diharapkan dapat meningkatkan akses pasar, visibilitas, efisiensi operasional, dan memaksimalkan penjualan
Keywords:
Pemasaran Digital, Daya Saing, UMKMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eddy Soeryanto Soegoto, Umi Narimawati, Herman Soegoto, Muhammad Iffan, Windi Novianti, Deni Nurdiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work