Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Video Ajar dengan Capcut

Authors

  • Veronikha Effendy Telkom University
  • Muhammad Johan Alibasa Telkom University
  • Anisa Herdiani Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5981

Abstract

Penggunaan video pembelajaran multimedia telah ditemukan dari penelitian sebelumnya sebagai pendekatan yang baik dalam meningkatkan proses belajar siswa sekolah dasar. Akan tetapi, kemampuan para guru sekolah dasar masih kurang dalam membuat video pembelajaran dengan animasi. Terdapat dua tujuan utama pada kegiatan yang dilakukan terhadap para guru dari Sekolah Dasar Negeri 059 Cirangrang di Bandung, Jawa Barat, yaitu: pertama, memberikan pelatihan kepada para guru sekolah dasar dan mengevaluasi keefektifannya dalam meningkatkan kualitas pengajaran para guru; kedua, untuk mengevaluasi penggunaan modul online, yang disampaikan melalui Learning Management System (LMS), dalam memfasilitasi pelatihan guru mempelajari materi pelatihan. Program pelatihan ini difokuskan untuk membekali para guru dengan keterampilan untuk menggunakan alat pengeditan video, Capcut, untuk membuat video pembelajaran instruksional. Temuan awal dari kegiatan ini menunjukkan bahwa program pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru yang berpartisipasi, yang ditunjukkan dari kemampuan yang meningkat dari para guru dalam membuat video pendidikan menggunakan Capcut. Selain itu, kegiatan ini menemukan bahwa para pengguna, dalam hal ini para guru, dapat mengikuti modul online yang diimplementasikan melalui LMS dengan baik, sebagai media yang efektif untuk menyampaikan pelatihan kepada para guru.

Keywords:

video belajar beranimasi, sekolah dasar, training daring, capcut

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 194
Downloads Count: 236

Published

2023-07-29

How to Cite

Effendy, V., Alibasa, M. J., & Herdiani, A. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Video Ajar dengan Capcut. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2309–2317. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5981

Issue

Section

Articles