Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Video Ajar dengan Capcut
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5981Abstract
Penggunaan video pembelajaran multimedia telah ditemukan dari penelitian sebelumnya sebagai pendekatan yang baik dalam meningkatkan proses belajar siswa sekolah dasar. Akan tetapi, kemampuan para guru sekolah dasar masih kurang dalam membuat video pembelajaran dengan animasi. Terdapat dua tujuan utama pada kegiatan yang dilakukan terhadap para guru dari Sekolah Dasar Negeri 059 Cirangrang di Bandung, Jawa Barat, yaitu: pertama, memberikan pelatihan kepada para guru sekolah dasar dan mengevaluasi keefektifannya dalam meningkatkan kualitas pengajaran para guru; kedua, untuk mengevaluasi penggunaan modul online, yang disampaikan melalui Learning Management System (LMS), dalam memfasilitasi pelatihan guru mempelajari materi pelatihan. Program pelatihan ini difokuskan untuk membekali para guru dengan keterampilan untuk menggunakan alat pengeditan video, Capcut, untuk membuat video pembelajaran instruksional. Temuan awal dari kegiatan ini menunjukkan bahwa program pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru yang berpartisipasi, yang ditunjukkan dari kemampuan yang meningkat dari para guru dalam membuat video pendidikan menggunakan Capcut. Selain itu, kegiatan ini menemukan bahwa para pengguna, dalam hal ini para guru, dapat mengikuti modul online yang diimplementasikan melalui LMS dengan baik, sebagai media yang efektif untuk menyampaikan pelatihan kepada para guru.
Keywords:
video belajar beranimasi, sekolah dasar, training daring, capcutDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veronikha Effendy, Muhammad Johan Alibasa, Anisa Herdiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work