Peningkatan Tata Kelola dan Pemasaran Pada UKM Dafaathaallshop Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Malang

Authors

  • Elly Lestari Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Chusnul Chotimah Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5952

Abstract

Fenomena semakin menjamur jumlah minimarket di sepanjang jalan yang sangat mudah kita jumpai minimarket waralaba dengan jarak beberapa meter dengan toko kelontong bahkan saling berhadap-hadapan antara keduanya, sehingga membuat persaingan antara toko kelontong dengan minimarket. Dengan melihat peluang usaha sekaligus tantangan itulah maka mitra usaha mendirikan usaha toko kelontong. Mitra usaha tersebut adalah “UKM Dafaathaallshop”. Masalah yang dihadapi mitra adalah kurangnya modal usaha, kurangnya sumber daya manusia, peralatan yang masih sederhana dan jumlahnya terbatas. Dengan permasalahan tersebut, tim pengusul PKM menawarkan solusi dengan Bantuan      Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi memberikan pendampingan tentang promosi dan pengembangan usaha toko kelontong secara profesional. Dengan adanya bantuan ini diharapkan pembeli semakin meningkat, sehingga pendapatan pengusaha toko kelontong meningkat. Dengan meningkatnya pendapatan pengusaha tersebut, maka diharapkan perekonomian mitra usaha semakin meningkat dan dapat mengembangkan usahanya.

Keywords:

Berwirausaha, Usaha Mikro, Toko Kelontong

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 147
Downloads Count: 128

Published

2023-07-19

How to Cite

Lestari, E., & Chotimah, C. (2023). Peningkatan Tata Kelola dan Pemasaran Pada UKM Dafaathaallshop Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Malang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2190–2195. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5952

Issue

Section

Articles