Pendampingan dan Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Di SD Islam Ar-Rahman, Bekasi

Authors

  • Asri Widyasanti Padjadjaran University
  • Fridyana Klise Hermiati Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Fenty Nur Aisyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia
  • Vika Nurafni Handayani Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5917

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa, khususnya di tingkat sekolah dasar, agar dapat beradaptasi dengan berbagai konteks kehidupan, baik secara pribadi, sosial maupun profesional. Kampus mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang melibatkan mahasiswa untuk ditugaskan di tingkat sekolah dasar di Indonesia dengan target untuk meningkatkan kuaitas pembelajaran terutama dalam literasi dan numerasi siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar yang terkait proses peningkatan ketrampilan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan ini dilakukan di SD Islam Ar-Rahman, Kota Bekasi yang 90% siswanya adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dengan jenis penelitian kualitatif. Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan monitoring dan evaluasi hasil. Hasil yang diperoleh yaitu pelaksanaan program kerja secara keseluruhan berjalan secara efektif, efisien, dan tepat waktu sehingga membawa perubahan ke arah yang lebih positif bagi SD Islam Ar-Rahman. Edukasi yang terapkan diantaranya penciptaan media pembelajaran yang menarik, penataan perpus dan pojok baca, pengadaptasian teknologi sekolah, serta pendampingan guru dalam pembelajaran. Terkait pemahaman literasi dan numerasi siswa dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman literasi dan numerasi antara satu siswa dengan siswa lainnya berbeda-beda, hal ini disebabkan proses pembelajaran, kebutuhan, dan karakteristik siswa yang berbeda. Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilakukan, diketahui bahwa seluruh siswa di SD Islam Ar-Rahman menyukai kegiatan belajar sambil bermain dan menggunakan benda-benda konkrit.

 

Keywords:

Literasi, Numerasi, Program Kampus Mengajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 335
Downloads Count: 406

Published

2023-07-18

How to Cite

Widyasanti, A., Hermiati, F. K., Aisyah, F. N., & Handayani, V. N. (2023). Pendampingan dan Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Di SD Islam Ar-Rahman, Bekasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2142–2154. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5917

Issue

Section

Articles