Pendampingan dan Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Di SD Islam Ar-Rahman, Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5917Abstract
Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa, khususnya di tingkat sekolah dasar, agar dapat beradaptasi dengan berbagai konteks kehidupan, baik secara pribadi, sosial maupun profesional. Kampus mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang melibatkan mahasiswa untuk ditugaskan di tingkat sekolah dasar di Indonesia dengan target untuk meningkatkan kuaitas pembelajaran terutama dalam literasi dan numerasi siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar yang terkait proses peningkatan ketrampilan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan ini dilakukan di SD Islam Ar-Rahman, Kota Bekasi yang 90% siswanya adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dengan jenis penelitian kualitatif. Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan monitoring dan evaluasi hasil. Hasil yang diperoleh yaitu pelaksanaan program kerja secara keseluruhan berjalan secara efektif, efisien, dan tepat waktu sehingga membawa perubahan ke arah yang lebih positif bagi SD Islam Ar-Rahman. Edukasi yang terapkan diantaranya penciptaan media pembelajaran yang menarik, penataan perpus dan pojok baca, pengadaptasian teknologi sekolah, serta pendampingan guru dalam pembelajaran. Terkait pemahaman literasi dan numerasi siswa dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman literasi dan numerasi antara satu siswa dengan siswa lainnya berbeda-beda, hal ini disebabkan proses pembelajaran, kebutuhan, dan karakteristik siswa yang berbeda. Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilakukan, diketahui bahwa seluruh siswa di SD Islam Ar-Rahman menyukai kegiatan belajar sambil bermain dan menggunakan benda-benda konkrit.
Keywords:
Literasi, Numerasi, Program Kampus MengajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asri Widyasanti, Fridyana Klise Hermiati, Fenty Nur Aisyah, Vika Nurafni Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work