Sosialisasi Penggunaan Gadget Untuk Mengurangi Dampak Negatif Game Online Pada Siswa Siswi SMA Negeri I Tondano Kabupaten Minahasa

Authors

  • Laura Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Cecilia Kewo Universitas Negeri Manado, Manado, Indonesia
  • Amelda Sakul
  • Oleyve Sumampouw Universitas Negeri Manado, Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5874

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, namun terdapat juga dampak negatif penggunaan smartphone/handphone dikalangan pelajar yang kecanduan game online. Kegiatan pengabdian dilakasanakan di SMA Negeri I Tondano ini bertujuan untuk mensosialisasikan dampak negative game online pada siswa siswi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdiri dari 3 tahap yaitu 1.survey awal/perencanaan, 2.tahap pelaksanaan sosialisasi, 3. tahap evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan tentang dampak negative game online untuk kesehatan siswa, dampak negative dalam kegiatan belajar baik dirumah dan disekolah serta terjadi peningkatan pemahaman dampak negative game online terhadap hubungan dengan keluarga/orang tua. Kegiatan yang dilakukan selama satu hari mendapat dukungan penuh dari sekolah dan guru guru, namun terdapat keterbatasan waktu dan tempat sehingga belum menjangkau keseluruhan siswa di SMA Negeri I Tondano

Keywords:

Smartphone, game online, siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 112
Downloads Count: 127

Published

2023-07-15

How to Cite

Sumampouw, L., Kewo, C., Sakul, A., & Sumampouw, O. (2023). Sosialisasi Penggunaan Gadget Untuk Mengurangi Dampak Negatif Game Online Pada Siswa Siswi SMA Negeri I Tondano Kabupaten Minahasa . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2044–2048. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5874

Issue

Section

Articles