WORKSHOP PENYUSUNAN MEDIA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BAGI GURU BAHASA INDONESIA DI PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5721Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya pemanfaatan ICT pada media dan evaluasi pembelajaran di kalangan guru Bahasa Indonesia SMP, khususnya di Kabupaten Purwakarta. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun media dan evaluasi pembelajaran berbasis ICT pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pelaksanaan pengabdian terdiri dari tiga tahapan: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, dan 3. Evaluasi. Lokasi pengabdian di SMPN 1 Purwakarta. Sasaran pengabdiaan adalah guru-guru anggota MGMP Bahasa Indonesia SMP yang berjumlah 47 orang. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan wawancara. Hasil kegiatan workshop penyusunan media dan evaluasi pembelajaran berbasis ICT yang berfokus pada pemanfaatan aplikasi quizizz dalam pembelajaran pada umumnya berjalan dengan lancar. Meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti sinyal jaringan, dan perangkat yang kurang support. Hasil angket sebelum workshop menunjukkan bahwa 31% guru tidak pernah menggunakan ICT dalam pembelajaran, dan hanya 43% yang pernah menggunakan aplikasi quizizz. Hasil wawancara yang dilaksanakan setelah workshop menunjukkan respons yang positif. Hampir semua peserta mengaku mendapatkan tambahan pengetahuan dan pemahaman terkait aplikasi quizizz sebagai media dan alat evaluasi dalam pembelajaran. Saran yang diberikan peserta umumnya mengharapkan ada kegiatan lanjutan atau serupa dengan aplikasi berbeda untuk kembali dilaksanakan di Purwakarta
Keywords:
Workshop, Media pembelajaran, Evaluasi pembelajaran, ICTDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sary Sukawati, R Ika Mustika, Dida Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work