PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566Abstract
Guru merupakan tenaga pendidik yang profesional dengan tugas utamanya mengajar, membimbing, melatih dan mengevaluasi. Guru juga berperan sebagai mediator, fasilitator, dan motivator. Dalam menjalankan tugasnya di kelas, sering terjadi permasalahan belajar seperti rendahnya motivasi belajar siswa, siswa tidak aktif dan berpartisipatif, dan prestasi belajar yang kurang memuaskan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka guru harus bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas baik secara mandiri maupun secara kolaboratif. Namun tidak semua guru mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih dan membekali guru agar bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Metode yang digunakan adalah praktik langsung dengan memberikan teori terlebih dahulu dengan metode ceramah dan tanya jawab. Setelah mengikuti pelatihan ini, guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Dengan demikian penabdian berupa pelatihan ini sangat berguna dan memberikan manfaat bagi guru dalam mengembangkan kompetensinya sehingga mampu menyelesaikan permasalahan belajar.
Keywords:
pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan KewarganegaraanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work