Workshop Pembuatan Kuesioner dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Berbasis Kepuasan Pasien di Klinik ABM
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5588Abstract
Kepuasan pasien merupakan kunci penting dalam meningkatkan mutu dalam pelayanan kesehatan, dan penyedia layanan kesehatan perlu menyadari bahwa fokus utama sistem pelayanan kesehatan adalah pasien. Pasien yang puas akan selalu nyaman saat berada di fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit, walaupun untuk waktu yang lama. Kepuasan pasien merupakan bagian indikator pengukuran mutu pelayanan dalam penilaian terhadap penyedia layanan kesehatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan memiliki sasaran penyelenggara pelayanan kesehatan, yaitu Klinik Amanah Bunda Medika, yang terdiri dari pemilik klinik, pegawai administrasi klinik, serta tenaga medis yang berpraktik di klinik. Kegiatan ini bertujuan untuk menelaah kembali tentang salah satu strategi meningkatkan mutu pelayanan, yaitu dengan cara meningkatkan kepuasan pasien. Sebagai solusi permasalahan yang ada di Klinik Amanah Bunda Medika yang berlokasi di Cikarang, maka kami menawarkan sebuah program untuk sosialisasi metode survei kepuasan pasien, yang terdiri dari kegiatan penyusunan kuesioner, pelaksanaan survei, dan pengolahan data hasil survei. Berdasarkan hasil skor pre-test dan post-test, serta partisipasi peserta, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dinilai cukup berhasil dalam menyampaikan informasi yang perlu diketahui pengelola klinik tentang pembuatan kuesioner dalam upaya peningkatan mutu pelayanan berbasis kepuasan pasien
Keywords:
kepuasan pasien, mutu pelayanan, pembuatan kuesionerDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lyliana Endang Setianingsih, Afif Wahyudi Hidayat; Anom Dwi Prakoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work