Workshop Pembuatan Kuesioner dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Berbasis Kepuasan Pasien di Klinik ABM

Authors

  • Lyliana Endang Setianingsih Universitas Medika Suherman
  • Afif Wahyudi Hidayat Universitas Medika Suherman
  • Anom Dwi Prakoso

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5588

Abstract

Kepuasan pasien merupakan kunci penting dalam meningkatkan mutu dalam pelayanan kesehatan, dan penyedia layanan kesehatan perlu menyadari bahwa fokus utama sistem pelayanan kesehatan adalah pasien. Pasien yang puas akan selalu nyaman saat berada di fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit, walaupun untuk waktu yang lama. Kepuasan pasien merupakan bagian indikator pengukuran mutu pelayanan dalam penilaian terhadap penyedia layanan kesehatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan memiliki sasaran penyelenggara pelayanan kesehatan, yaitu Klinik Amanah Bunda Medika, yang terdiri dari pemilik klinik, pegawai administrasi klinik, serta tenaga medis yang berpraktik di klinik. Kegiatan ini bertujuan untuk menelaah kembali tentang salah satu strategi meningkatkan mutu pelayanan, yaitu dengan cara meningkatkan kepuasan pasien. Sebagai solusi permasalahan yang ada di Klinik Amanah Bunda Medika yang berlokasi di Cikarang, maka kami menawarkan sebuah program untuk sosialisasi metode survei kepuasan pasien, yang terdiri dari kegiatan penyusunan kuesioner, pelaksanaan survei, dan pengolahan data hasil survei. Berdasarkan hasil skor pre-test dan post-test, serta partisipasi peserta, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dinilai cukup berhasil dalam menyampaikan informasi yang perlu diketahui pengelola klinik tentang pembuatan kuesioner dalam upaya peningkatan mutu pelayanan berbasis kepuasan pasien

Keywords:

kepuasan pasien, mutu pelayanan, pembuatan kuesioner

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 823
Downloads Count: 742

Published

2023-07-12

How to Cite

Setianingsih, L. E., Hidayat, A. W., & Prakoso, A. D. (2023). Workshop Pembuatan Kuesioner dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Berbasis Kepuasan Pasien di Klinik ABM . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1899–1905. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5588

Issue

Section

Articles