Sosialisasi Penggunaan Aplikasi DUOLINGO untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri bagi Anggota Karang Taruna Desa Candrajaya

Authors

  • Eva Fitriani Syarifah Universitas Majalengka
  • Eka Nurhidayat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Majalengka, Majalengka, Indonesia
  • Afief Fakhruddin Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Majalengka, Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5551

Abstract

Pendidikan bahasa Inggris memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris masyarakat, termasuk anggota Karang Taruna di Desa Candrajaya. Namun, terbatasnya akses terhadap pembelajaran formal sering menjadi hambatan bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk menyelenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi Duolingo sebagai sarana pembelajaran Bahasa Inggris mandiri bagi anggota Karang Taruna Desa Candrajaya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan partisipatif, dimana para anggota Karang Taruna akan dilibatkan secara aktif dalam proses sosialisasi dan pemanfaatan aplikasi Duolingo. Pengabdian ini akan melibatkan 30 anggota Karang Taruna yang memiliki minat dan motivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Mereka akan diberikan pelatihan penggunaan aplikasi Duolingo dan diarahkan untuk menggunakan aplikasi tersebut secara mandiri dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anggota Karang Taruna tentang potensi aplikasi Duolingo sebagai alat bantu pembelajaran Bahasa Inggris mandiri. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar Bahasa Inggris serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara mandiri tanpa tergantung pada pembelajaran formal. Melalui PKM ini, diharapkan anggota Karang Taruna Desa Candrajaya dapat merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Selain itu, pengabdian ini juga dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris mandiri. Diharapkan hasil pengabdian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris di tingkat komunitas lokal.

Kata Kunci: Duolingo, Teknologi, Pembelajaran Bahasa Inggris

Keywords:

Duolingo, Teknologi, Pembelajaran Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 417
Downloads Count: 1017

Published

2023-07-16

How to Cite

Syarifah, E. F., Nurhidayat, E., & Fakhruddin, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi DUOLINGO untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri bagi Anggota Karang Taruna Desa Candrajaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2102–2109. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5551

Issue

Section

Articles