Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 2 Airmadidi, Sulawesi Utara
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5524Abstract
Dewasa Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang diluncurkan kemendikbud merupakan sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang membuka peluang dan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan sebagai proses penguatan karakter dari lingkungan sekitarnya. Kewirausahaan menjadi salah satu tema kurikulum merdeka terkait dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila dimana salah satu kompetensi peserta didik dalam menghadapi tantangan abad ke-21 yaitu bagaimana memiliki jiwa kewirausahaan ( entrepreneurship) yang kuat akan nilai nilai kejujuran, kreatifitas, dan disiplin. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Airmadidi dengan tahapan dimulai dari survey awal, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan ini dimulai dari pemberian materi tentang kewirausahaan, diskusi, serta praktik sederhana pembuatan kue tradisional. Para siswa sangat antusias dan berperan aktif mengikuti kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Melalui kegiatan ini peserta didik diharapkan lebih terbuka, berpikir kritis dan mampu melihat dan menciptakan pelaung kreatif untuk menghasilkan ide ide inovatif agar dapat mencapai hasil terbaik yang dilandasi dengan kejujuran dan tanggung jawab sesuai profil pelajar Pancasila
Keywords:
Kewirausahaan, Kurikulum Merdeka, Pelajar PancasilaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leonardo Dengah, Paulus Tuerah, Rotua Hutagalung, Lenny W E Awuy, Ricky Workala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work