Optimalisasi Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini : Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru TK-KB Taman Sari

Authors

  • Siti Sauda Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Febriyanti Panjaitan Universitas Bina Darma
  • Evi Yulianingsih Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Nia Oktaviani Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Wahyu Pranata Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia
  • Christin Evasari Nainggolan Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5488

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi para guru dalam menggunakan perangkat dan aplikasi TIK. Aplikasi yang digunakan Microsoft PowerPoint dan aplikasi online Canva sebagai alat bantu dalam pembelajaran bagi anak usia dini. Pelatihan yang dilakukan untuk memperkenalkan konsep dan keterampilan penggunaan kedua aplikasi tersebut, sedangkan pendampingan dilakukan untuk membantu mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Metode pelaksanan kegiatan pengabdian terdiri dari empat tahapan yaitu identitas kebutuhan, desain pelatihan dan materi, pelaksanan pelatihan, pendampingan dan implementasi. Setelah kegiatan dilakukan evaluasi secara kualitatif untuk melihat hasil dari kegiatan pengabdian.Hasil kegiatan pengabdian ini memberikan dampak yang positif bagi para guru yang terlihat dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan kedua aplikasi secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyajikan materi yang menarik dan interaktif. Para guru melaporkan perubahan positif dalam pendekatan pembelajaran dan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi

Keywords:

pelatihan, pendampingan, TIK, Microsoft PowerPoint, Aplikasi Canva

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 122
Downloads Count: 146

Published

2023-07-13

How to Cite

Sauda, S., Panjaitan, F., Yulianingsih, E., Oktaviani, N., Pranata, W., & Nainggolan, C. E. (2023). Optimalisasi Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini : Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru TK-KB Taman Sari. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1985–1990. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5488

Issue

Section

Articles