Optimalisasi Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini : Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru TK-KB Taman Sari
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5488Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi para guru dalam menggunakan perangkat dan aplikasi TIK. Aplikasi yang digunakan Microsoft PowerPoint dan aplikasi online Canva sebagai alat bantu dalam pembelajaran bagi anak usia dini. Pelatihan yang dilakukan untuk memperkenalkan konsep dan keterampilan penggunaan kedua aplikasi tersebut, sedangkan pendampingan dilakukan untuk membantu mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Metode pelaksanan kegiatan pengabdian terdiri dari empat tahapan yaitu identitas kebutuhan, desain pelatihan dan materi, pelaksanan pelatihan, pendampingan dan implementasi. Setelah kegiatan dilakukan evaluasi secara kualitatif untuk melihat hasil dari kegiatan pengabdian.Hasil kegiatan pengabdian ini memberikan dampak yang positif bagi para guru yang terlihat dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan kedua aplikasi secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyajikan materi yang menarik dan interaktif. Para guru melaporkan perubahan positif dalam pendekatan pembelajaran dan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi
Keywords:
pelatihan, pendampingan, TIK, Microsoft PowerPoint, Aplikasi CanvaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Sauda, Febriyanti Panjaitan, Evi Yulianingsih, Nia Oktaviani, Wahyu Pranata, Christin Evasari Nainggolan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work