Pelatihan Digital Marketing Untuk Menyiapkan Santripreneur Profesional Di Pondok Pesantren Al Muawanah Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5461Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital marketing pada santriwan dan santriwati untuk membekali ilmu kewirausahaan di era 4.0. Digital marketing menjadi sangat penting dalam dunia bisnis, karena teknologi informasi dan internet menjadi faktor penting dalam pemasaran produk dan jasa. Digital marketing mencakup berbagai teknik seperti SEO, SEM, social media marketing, email marketing, dan lain sebagainya. Pendekatan pengabdian yang digunakan adalah community development. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, FGD dan wawancara secara langsung informan mengenai pelatihan digital marketing santriwan dan santriwati pondok pesantren Al Muawanah. Komunitas dampingan adalah pada Pondok Pesantren Al Muawanah Lamongan. Hasil dari pengabdian ini telah terjadi perubahan yang signifikan kepada pemhaman dan kesadaran untuk memanfaatkan teknologi dalam melakukan penjualan hasil dari pelatihan digital marketing yang sudah diberikan oleh tim pengabdian Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan.
Keywords:
Digital Marketing, Santriprenuer, Pondok PesantrenDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh Ah Subhan ZA, Miftahal Anjarsabda Wira Buana, Akmalur Rijal, Dwi Aprilianto, Fitriyah Nur Kholifatul Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work