Pelatihan Digital Marketing Untuk Menyiapkan Santripreneur Profesional Di Pondok Pesantren Al Muawanah Lamongan

Authors

  • Moh Ah Subhan ZA Universitas Islam Lamongan
  • Miftahal Anjarsabda Wira Buana
  • Akmalur Rijal Universitas Islam Lamongan
  • Dwi Aprilianto
  • Fitriyah Nur Kholifatul Azizah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5461

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital marketing pada santriwan dan santriwati untuk membekali ilmu kewirausahaan di era 4.0. Digital marketing menjadi sangat penting dalam dunia bisnis, karena teknologi informasi dan internet menjadi faktor penting dalam pemasaran produk dan jasa. Digital marketing mencakup berbagai teknik seperti SEO, SEM, social media marketing, email marketing, dan lain sebagainya. Pendekatan pengabdian yang digunakan adalah community development. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, FGD dan wawancara secara langsung informan mengenai pelatihan digital marketing santriwan dan santriwati pondok pesantren Al Muawanah. Komunitas dampingan adalah pada Pondok Pesantren Al Muawanah Lamongan. Hasil dari pengabdian ini telah terjadi perubahan yang signifikan kepada pemhaman dan kesadaran untuk memanfaatkan teknologi dalam melakukan penjualan hasil dari pelatihan digital marketing yang sudah diberikan oleh tim pengabdian Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas  Islam Lamongan.

Keywords:

Digital Marketing, Santriprenuer, Pondok Pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 218
Downloads Count: 185

Published

2023-07-19

How to Cite

ZA, M. A. S., Buana, M. A. W., Rijal, A., Aprilianto, D., & Fitriyah Nur Kholifatul Azizah. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Menyiapkan Santripreneur Profesional Di Pondok Pesantren Al Muawanah Lamongan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2166–2173. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5461

Issue

Section

Articles