Pemberdayaan Masyarakat Dengan Teknologi Informasi Dalam Mempromosikan Produk-Produk Unggulan Desa

Authors

  • Karmila Akib Universitas Sintuwu Maroso Poso
  • Sapruni Universitas Sintuwu Maroso Poso
  • Margaretha Badu
  • Gusstiawan Raimanu

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5370

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk membangun masyarakat. Melalui pemberdayaan masyarakat diharapkan masyarakat dapat membenahi situasi dan kondisi mereka sendiri melalui aktivitas sosial. Pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi dilakukan dengan penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui internet atau fasilitas dalam jaringan.  Hal ini merupakan bagian dari program pengembangan Badan Usaha Milik Desa dengan pengembangan e-commerce untuk promosi dan pemasaran desa. Untuk itulah diperlukan upaya sebagai salah satu solusi membantu Badan Usaha Milik Desa dalam memasarkan produk-produknya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam memasarkan produk atau pun bentuk usaha yang dilakukan. Dengan demikian, mitra dapat membuat sendiri toko online yang dapat digunakan mempromosikan produk ataupun usaha yang dijalankan oleh BUMDES Desa Lanto Jaya Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2023 dengan metode pelaksanaan terdiri dari tahap survei dan wawancara, tahap penyusunan program, tahap sosialisasi dan persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat membantu bagi pihak mitra karena dapat memaksimalkan kegiatan promosi unit usaha yang dikelola secara online dan juga pihak mitra memiliki kemampuan untuk melakukan promosi secara online

Keywords:

Pemberdayaan masyarakat, teknologi Informasi, promosi online

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 200
Downloads Count: 181

Published

2023-07-13

How to Cite

Akib, K., Sapruni, Badu, M., & Raimanu, G. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dengan Teknologi Informasi Dalam Mempromosikan Produk-Produk Unggulan Desa . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1969–1976. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5370

Issue

Section

Articles