Pemberdayaan Masyarakat Dengan Teknologi Informasi Dalam Mempromosikan Produk-Produk Unggulan Desa
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5370Abstract
Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk membangun masyarakat. Melalui pemberdayaan masyarakat diharapkan masyarakat dapat membenahi situasi dan kondisi mereka sendiri melalui aktivitas sosial. Pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi dilakukan dengan penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui internet atau fasilitas dalam jaringan. Hal ini merupakan bagian dari program pengembangan Badan Usaha Milik Desa dengan pengembangan e-commerce untuk promosi dan pemasaran desa. Untuk itulah diperlukan upaya sebagai salah satu solusi membantu Badan Usaha Milik Desa dalam memasarkan produk-produknya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam memasarkan produk atau pun bentuk usaha yang dilakukan. Dengan demikian, mitra dapat membuat sendiri toko online yang dapat digunakan mempromosikan produk ataupun usaha yang dijalankan oleh BUMDES Desa Lanto Jaya Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2023 dengan metode pelaksanaan terdiri dari tahap survei dan wawancara, tahap penyusunan program, tahap sosialisasi dan persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat membantu bagi pihak mitra karena dapat memaksimalkan kegiatan promosi unit usaha yang dikelola secara online dan juga pihak mitra memiliki kemampuan untuk melakukan promosi secara online
Keywords:
Pemberdayaan masyarakat, teknologi Informasi, promosi onlineDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karmila Akib, Sapruni, Margaretha Badu, Gusstiawan Raimanu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work