Optimalisasi Bisnis Digital Dengan Pendampingan Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran UMKM Ranting Muhammadiyah Tasikmalaya

Authors

  • Muhammad Taufiq Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Maesaroh Lubis Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Gunawan Refiadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5105

Abstract

Penyajian informasi berbasis TI untuk kebutuhan pemasaran, sering disebut dengan Digital Marketing yaitu suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk dengan menggunakan media digital atau internet, bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Akibatnya, perusahaan berusaha untuk berkompetisi dalam membuat konten pemasaran yang menarik di dunia maya. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Perkembangan bisnis digital juga tidak lepas dari persoalan pemasaran (marketing) yang digunakan untuk mengembangkan atau memperluas wilayah pasar, persoalan pemasaran lebih ditekankan pada penyajian informasi yang produktif untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas?, dan penyajian informasi yang efektif terkait dengan seberapa besar dampak atau pengaruh kepada pasar, sehingga diharapkan mampu menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan minat dan daya beli pasar terhadap produk yang ditawarkan.

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran, Bisnis Digital, Strategi Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Taufiq, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (FKIP)

Downloads

Abstract Views : 1424
Downloads Count: 1280

Published

2023-07-03

How to Cite

Taufiq, M., Lubis, M., & Refiadi, G. (2023). Optimalisasi Bisnis Digital Dengan Pendampingan Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran UMKM Ranting Muhammadiyah Tasikmalaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1737–1744. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5105

Issue

Section

Articles