Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Faisal Sadam Murron Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Dwi Heryanto Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Mubarok Somantri Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Mela Darmayanti Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Ani Hendriyani Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Ruswandi Hermawan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4411

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman guru-guru SD di lingkungan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran terkait Paradigma Pembelajaran Baru dalam Kurikulum Merdeka. Dengan jumlah responden sebanyak 172 orang guru-guru SD di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan hasil wawancara, hal ini dikarenakan masih mininnya sosialisasi dan workshop yang mengkaji paradigm pembelajaran baru dalam kurikulum merdeka di kecamatan Parigi. Disamping itu sosialisasi yang dilakukan di daerah tersebut terkait Kurikulum Merdeka masih belum dilakukan secara masif. Hasil kuisiner (uji kompetensi awal) terhadap pemahaman guru-guru SD di Kecamatan Parigi masih pada kategori belum paham sebanyak 62%. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan literasi guru-guru SD di Kecamatan Parigi terkait Paradigma Pembelajaran Baru sesuai Kurikulum Merdeka untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tahapan pra Tindakan, Tindakan dan pasca tindakan terhadap subjek penelitian yakni guru-guru SD di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian (uji kompetensi akhir) pemahaman guru-guru SD di lingkungan Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran terkait Paradigma Pembelajaran Baru dalam Kurikulum Merdeka menunjukkan peningkatan yaitu sangat paham sebesar 64%. Kegiatan sosialisasi workshop seperti ini harus terus dilaksanakan supaya kpengetahuan dan pemahaman guru terus terupgrade.

Keywords:

Sosialisasi Pembelajaran, Paradigma Baru, Kurikulum Merdeka, Guru Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 864
Downloads Count: 833

Published

2023-01-26

How to Cite

Sadam Murron, F., Heryanto, D., Somantri, M., Darmayanti, M., Hendriyani, A., & Hermawan, R. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 880–888. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4411

Issue

Section

Articles