Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Kesehatan Fisik dan Mental Pada Pelajar SMP Islam Al-Jiihad
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4319Abstract
Pelajar merupakan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang, mereka merupakan aset bangsa yang harus dipersiapkan dan dibentuk dari sisi kesehatan, pemikiran, dan pola hidup. Pelajar termasuk dalam masa remaja yang merupakan periode awal adanya berbagai perubahan perilaku dan kondisi fisik yang memengaruhi kesehatan. Perkembangan biologis dan psikologis remaja dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan dan sosial. Masa remaja dimulai dengan terjadinya perubahan fisik, Remaja akan dihadapkan pada keadaan yang memerlukan penyesuaian untuk dapat menerima perubahan anatomi dan fisiologi tubuh dan kondisi tersebut dapat berpengaruh pada kejiwaan remaja. Program pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2022 di sekolah SMP Islam Al-Jihad Johar Baru Jakarta-Pusat melibatkan 92 siswa. Pentingnya edukasi kesehatan fisik dan mental serta pola hidup bagi pelajar membuat kami memilih pelajar SMP sebagai mitra kegiatan PKM. Kegiatan PKM dilakukan dengan metode ceramah dengan PPT dan games edukatif dan juga diberikan kuesioner pre-test dan post test. Hasil dari edukasi didapatkan terjadi peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan fisik dan mental serta pola hidup sehat pada pelajar. Hasil kuesioner pre-test dan post-test didapatkan perbedaan bermakna, yang menunjukkan bahwa edukasi yang diberikan dapat dipahami dan dimengerti oleh pelajar sehingga terjadi pengaruh berupa peningkatan pengetahuan setelah edukasi yang nantinya akan bermanifestasi pada perubahan perilaku
Keywords:
Mental health, Physical health, StudentDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Uswatun Hasanah, Cut Fauziah, Nasihin Saud Irsyad, Retno Yulianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work