Branding, Online Presence dan Digital Marketing pada UMKM Soto Kwali Mas Tanto

Authors

  • Vincent Universitas Internasional Batam
  • Candy Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4278

Abstract

Dalam era teknologi ini, penggunaan sosial media sebagai salah satu alat pemasaran merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh usaha-usaha. UMKM Soto Kwali Mas Tanto dalam 3 tahun lama operasinya belum memiliki akun sosial media seperti Instagram dan Facebook yang merupakan salah satu cara terbanyak orang-orang dalam mencari jasa/produk yang mereka inginkan. UMKM tempat makan ini juga tidak memiliki logo usaha yang menjadi identitas usahanya tersebut. Lokasi usahanya yang strategis berada di depan lobby 2 salah satu mall terbesar di Batam dirugikan karena tempat usahanya yang cukup gelap terlihat dari luar, sehingga tanpa sebuah spanduk logo yang dipasang di depan tempat usaha, pelanggan akan sulit dalam mencari ataupun tertarik untuk mencoba makan di tempat usaha tersebut. Diluar dari memberikan solusi terhadap masalah diatas, penulis juga membuatkan link Linktree yang mencantumkan menu digital serta navigasi terhadap akun-akun sosial media, lokasi dan kontak usaha. Pemilik usaha juga disosialisasikan akan cara membuat konten sosial media yang menarik dan mudah, serta cara membuat kampanye iklan yang efektif melalui jasa periklanan pada Instagram dan Facebook.

Keywords:

branding, online presence, digital marketing, SME, Batam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 145
Downloads Count: 146

Published

2023-01-24

How to Cite

Vincent, & Candy. (2023). Branding, Online Presence dan Digital Marketing pada UMKM Soto Kwali Mas Tanto . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 779–786. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4278

Issue

Section

Articles