Branding, Online Presence dan Digital Marketing pada UMKM Soto Kwali Mas Tanto
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4278Abstract
Dalam era teknologi ini, penggunaan sosial media sebagai salah satu alat pemasaran merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh usaha-usaha. UMKM Soto Kwali Mas Tanto dalam 3 tahun lama operasinya belum memiliki akun sosial media seperti Instagram dan Facebook yang merupakan salah satu cara terbanyak orang-orang dalam mencari jasa/produk yang mereka inginkan. UMKM tempat makan ini juga tidak memiliki logo usaha yang menjadi identitas usahanya tersebut. Lokasi usahanya yang strategis berada di depan lobby 2 salah satu mall terbesar di Batam dirugikan karena tempat usahanya yang cukup gelap terlihat dari luar, sehingga tanpa sebuah spanduk logo yang dipasang di depan tempat usaha, pelanggan akan sulit dalam mencari ataupun tertarik untuk mencoba makan di tempat usaha tersebut. Diluar dari memberikan solusi terhadap masalah diatas, penulis juga membuatkan link Linktree yang mencantumkan menu digital serta navigasi terhadap akun-akun sosial media, lokasi dan kontak usaha. Pemilik usaha juga disosialisasikan akan cara membuat konten sosial media yang menarik dan mudah, serta cara membuat kampanye iklan yang efektif melalui jasa periklanan pada Instagram dan Facebook.
Keywords:
branding, online presence, digital marketing, SME, BatamDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vincent, Candy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work