PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK GURU IPA KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Dhita Ayu Permata Sari Universitas Negeri Surabaya
  • An Nuril Maulida Fauziah Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Universitas Negeri Surabaya
  • Enny Susiyawati Universitas Negeri Surabaya
  • Roihanna Waliyyul Mursyidah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4192

Abstract

Tantangan abad 21 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sejak dini. Sekolah diharapkan mampu menghasilkan generasi yang memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif, kompetitif, dan berkarakter. Project Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatihkan softskills, hardskills, dan karakter yang kuat dengan melakukan analisis dan melibatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi dalam waktu tertentu. Permasalahnnya adalah mitra, MGMP Guru IPA Kabupaten Magetan, belum terbiasa menyusun bahan ajar PjBL sehingga membutuhkan pelatihan dan pendampingan sehingga mitra dapat meningkatkan keterampilannya dalam menyusun bahan ajar tersebut. Selain itu, bahan ajar PjBL yang tersedia tidak semua sesuai dengan kondisi sekolah. Metode pelaksanaan dibagi menjadi empat tahap, yaitu persiapan, pemaparan materi, pelatihan dan pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini terlihat pada nilai pretest dan posttest yang mengalami peningkatan serta karya LKPD PjBL guru yang dapat digunakan di satuan Pendidikan masing-masing.

Keywords:

Pelatihan Guru, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Project-Based Learning, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 362
Downloads Count: 339

Published

2023-01-18

How to Cite

Ayu Permata Sari, D., Maulida Fauziah, A. N., Astriani, D., Susiyawati, E., & Waliyyul Mursyidah, R. (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK GURU IPA KABUPATEN MAGETAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 647–658. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4192

Issue

Section

Articles