Pelatihan Pembuatan Flipbook Interaktif Bagi Guru-Guru SD Negeri Desa Gentansari dan Twelagiri

Authors

  • Andarini Permata Cahyaningtyas Universitas Islam Sultan Agung
  • Yulina Ismiyanti Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3474

Abstract

Pembelajaran daring yang telah berlangsung hampir dua tahun membuat guru harus terus mencari alternatif sarana pembelajaran yang menarik bagi siswa. Hanya saja, siswa SD dan orang tua di lingkungan pedesaan cenderung mengalami kendala dalam hal sinyal serta keterbatasan keterampilan pengoperasian gawai. Oleh karena itu, pelatihan pembuatan flipbook interaktif menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan agar kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dan kendala dapat diminimalisasi. Hal ini dikarenakan flipbook interaktif memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan memanfaatkan teks, audio, gambar, video, serta kuis dalam satu kemasan. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru SD negeri di lingkungan Desa Gentansari dan Twelagiri, Kabupaten Banjarnegara. Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan guru dalam memanfaatkan hyperlink, mengunduh dan memasukkan gambar, suara, teks, video, serta membuat kuis melalui Wordwall, Kahoot, dan Quizizz yang kemudian digabung dengan modul pembelajaran dan dikemas dalam bentuk flipbook. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran, baik dalam bentuk online maupun blended learning di lingkungan SD negeri di kedua desa tersebut.

Keywords:

Flipbook interaktif, Pembelajaran daring, Pembelajaran campuran, Kuis daring

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 179
Downloads Count: 254

Published

2022-10-30

How to Cite

Cahyaningtyas, A. P., & Ismiyanti, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Flipbook Interaktif Bagi Guru-Guru SD Negeri Desa Gentansari dan Twelagiri. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1112–1119. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3474

Issue

Section

Articles